Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 02 Februari 2023 | 08:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - ChatGPT menggemparkan Internet. Kecerdasan buatan ini tidak hanya menarik perhatian komunitas bisnis tetapi juga menyebabkan munculnya layanan serupa.

Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Microsoft telah menginvestasikan $10 miliar di OpenAI dan bahwa Baidu sedang mengerjakan AI pesaing.

Tetapi tidak semua orang puas dengan ChatGPT seperti Microsoft. Sayangnya, internet dipenuhi dengan konten yang dihasilkan AI hanya dalam dua bulan.

Ingin memperbaiki masalah ini, OpenAI merilis alat untuk mendeteksi teks yang dihasilkan AI, termasuk dari ChatGPT.

Dilansir dari Gizmochina, setelah berbulan-bulan perdebatan dan kebingungan, OpenAI telah merilis alat yang membedakan teks yang ditulis oleh manusia dan kecerdasan buatan.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Perangkat lunak ini, yang mendeteksi ChatGPT perusahaan sendiri dan alat kecerdasan buatan lainnya, adalah awal yang baik, tetapi itu tidak cukup.

Sayangnya, tingkat keberhasilan alat yang disebut "AI Text Classifier" ini sekitar 26%. OpenAI, yang juga menyatakan masalah ini di situs webnya, mungkin akan meningkatkan sistem di masa depan.

Mengakui margin of error, OpenAI juga memperingatkan tentang masalah ini. Pernyataan yang tertulis di situs web perusahaan berbunyi sebagai berikut:

"Tujuan penggunaan kami untuk Pengklasifikasi Teks AI adalah untuk mendorong percakapan tentang perbedaan antara konten yang ditulis manusia dan yang dihasilkan AI. Hasilnya mungkin membantu, tetapi seharusnya tidak menjadi satu-satunya bukti, ketika memutuskan apakah suatu dokumen dihasilkan dengan AI. Model ini dilatih pada teks yang ditulis manusia dari berbagai sumber, yang mungkin tidak mewakili semua jenis teks yang ditulis manusia."

"Pengklasifikasi Teks AI" juga memiliki beberapa batasan. Batasan saat ini adalah:

  • Membutuhkan minimal 1.000 karakter, yaitu sekitar 150 – 250 kata.
  • Pengklasifikasi tidak selalu akurat; itu dapat salah melabeli teks yang dihasilkan AI dan ditulis manusia.
  • Teks yang dihasilkan AI dapat diedit dengan mudah untuk menghindari pengklasifikasi.
  • Pengklasifikasi cenderung melakukan kesalahan pada teks yang ditulis oleh anak-anak dan pada teks yang tidak dalam bahasa Inggris, karena itu terutama dilatih pada konten bahasa Inggris yang ditulis oleh orang dewasa.

BACA SELANJUTNYA

OpenAI Ingatkan Microsoft tentang Perilaku Aneh dari Bing Chat