Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 Februari 2023 | 09:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan induk Google, Alphabet dilaporkan telah menggelontorkan dana investasi yang cukup besar kepada Anthropic, startup kecerdasan buatan atau teknologi AI.

Popularitas teknologi AI makin meningkat setelah ramai dengan ChatGPT dari OpenAI. Yakni sebuah chatbot pintar yang bisa melakukan banyak hal.

Bahkan disebut-sebut kalau kehadiran ChatGPT bisa menjadi pesaing Google. Karena pengguna bisa bertanya banyak hal kepada chatbot tersebut.

Di lain sisi, Google pun makin gencar dalam teknologi AI. Selain mengembangkan secara internal dengan LaMDA dan PaLM, juga investasi ke Startup AI.

Yakni Anthropic, sebagai perusahaan rintisan yang bergerak pada bidang kecerdasan buatan dan siap untuk meluncurkan pesaing ChatGPT.

Dilansir dari Bloomberg, Alphabet menginvestasikan 400 juta dolar AS atau setara dengan Rp 6 triliun kepada startup AI Anthropic.

Google maupun Anthropic sendiri tidak berkomentar soal besaran nilai investasi yang diberikan tersebut. Keduanya lebih banyak bicara soal kerja sama.

Dalam kerja sama tersebut, nantinya Anthropic akan memakai teknologi komputasi yang disediakan Google Cloud.

Juga menjadi kesepakatan aliansi baru antara raksasa teknologi dan startup AI dalam bidang teknologi AI generatif.

Yakni teknologi yang dapat menghasilkan teks dan seni dalam hitungan detik. Teknologi yang sedang menjadi tren belakangan ini.

CEO Google Cloud, Thomas Kurian menilai teknologi AI telah berevolusi dari penelitian akademis menjadi pendorong perubahan teknologi.

Ia menganggap hal itu sebagai peluang baru untuk pertumbuhan dan peningkatan layanan mereka di semua industri.

Thos Kurian juga menyebutkan kalau Google Cloud menyediakan infrastruktur yang terbuka untuk startup AI generasi berikutnya.

Startup AI Anthropic

Perusahaan Anthropic sendiri baru berdiri pada 2021 silam. Anthropic juga telah merilis pengujian terbatas chatbot baru mereka yang dinamakan Claude.

Disebut-sebut kalau Claude dari Anthropic ini bisa menyaingi kemampuan dari ChatGPT milik OpenAi yang populer pada awal 2023 ini.

Anthropic sendiri membutuhkan dana besar untuk bisa menyediakan sumber daya dalam menjalankan chatbot yang mereka kembangkan itu.

Karenanya hadir layanan komputasi awan yang disediakan Google Cloud. Dimana layanan cloud milik Google ini akan meminjamkan kekuatannya bagi Anthropic.

Sampai saat ini Anthropic belum meluncurkan chatbot Claude buatannya secara umum. Kita nantikan saja sampai tersedia tak akan lama lagi.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT