Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 Februari 2023 | 08:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kehadiran ChatGPT sebagai chatbot yang pintar disebut-sebut bisa menggantikan Google. Tak tinggal diam, raksasa internet ini juga punya pesaingnya.

Google sendiri telah lama bergelut dalam teknologi AI atau kecerdasan buatan. Mereka juga telah memiliki Chatbot mirip dengan ChatGPT.

Yakni melalui LaMDA atau Language Model for Dialog Application. Yakni model bahasa bikinan Google yang hadir dalam bentuk percakapan.

Dikutip dari Techspot, Chatbot dan teknologi AI ini akan diintegrasikan dalam berbagai produk Google seperti Gmail dan Docs.

CEO Google, Sundar Pichai menjanjikan akan segera merilis teknologi chatbot tersebut ke publik dalam beberapa waktu ke depan.

Sundar Pichai juga menyebutkan ada dua model bahasa besar yang sedang dikembangkan Google saat ini, yaitu LaMDA dan PaLM.

Namun nampaknya Google akan meluncurkan lebih dulu PaLM. Meski begitu ada laporan lain yang menyebutkan kalau Google sedang menguji chatbot LaMDA.

Yakni berupa chatbot berbasis teknologi AI LaMDA yang bernama Apprentice Bard. Teknologi chatbot ini disebut-sebut sebanding dengan ChatGPT.

Dikutip dari laporan CNBC, Apprentice Bard memiliki tampilan dan fungsi yang seperti ChatGPT. Di mana pengguna tinggal menuliskan pertanyaan dan mendapatkan respon berupa tulisan.

Bedanya dengan ChatGPT, chatbot Google ini punya data yang lebih aktual dan terbaru. Tidak terbatas hingga tahun 2021 saja seperti ChatGPT.

Sebelumnya GOogle sudah memamerkan LaMDA generasi awal dalam gelaran Google I/O 2021 silam. Sayangnya teknologi AI tersebut menimbulkan kontroversi.

Termasuk salah satu engineernya sendiri yang mengklaim kalau chatbot LaMDA tersebut benar-benar hidup dan bisa memiliki perasaan.

Kita nantikan saja sampai Google resmi meluncurkan chatbot buatannya sebagai pesaing ChatGPT. Apakah PaLMatau LaMDA yang diluncurkan?

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis