Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 Februari 2023 | 15:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kecedasan buatan atau teknologi AI yang disematkan pada chatbot digembar-gemburkan dapat digunakan dalam berbagai tugas. Bahkan popularitasnya semenjak dikenalkannya ChatGPT belum lama ini.

ChatGPT diangap cukup pintar untuk menjawab berbagai pertanyaan dan menjelaskan juga ditugaskan dalam berbagai hal.

Tidak luput dengan perkembangan teknologi AI di belakangnya yang berkembang pesat juga belakangan ini.

Bagaimana tidak, kecerdasan buatan atau teknologi AI bisa membantu mengerjakan beragam editing, mulai dari editing teks, suara, sampai gambar.

Berikut lima website teknologi AI yang bisa berguna untuk kepentingan sehari-hari di pekerjaan seperti halnya dengan ChatGPT. 

1. Translation Hub

Di era global, bahasa yang berbeda antarnegara tak lagi menjadi kendala dalam berkomunikasi. Jika dulu kita masih membutuhkan jasa penerjemah manusia untuk editing naskah terjemahan, kali ini Translation Hub di bawah naungan Google hadir sebagai solusi.

Pemanfaatan aplikasi ini akan menghilangkan tugas manusia sebagai penerjemah dan editor baik teks tertulis maupun penerjemahan lisan. 

2. Soundful.com

Kali ini merupakan AI yang bisa membantu editing musikus. Jadi musikus ternyata tidak begitu sulit di era saat ini. Ketika kamu tidak begitu ahli dalam komposisi musik, Soundful.com bisa membantumu.

Kecerdasan buatan ini mampu menghasilkan musik bebas royalti berdasarkan beragam genre yang dipilih. 

3. Supermeme.ai

Profesi desainer disebut-sebut sebagai profesi pertama yang akan digantikan oleh kecerdasan buatan. Supermeme.ai adalah buktinya. Kamu hanya perlu memasukkan kriteria apa saja yang ingin ada pada gambarmu.

Kemudian aplikasi ini akan mentransformasikannya ke dalam bentuk gambar. Dengan demikian, sang seniman pun tak perlu repot memikirkan konsep dan warna karena semuanya telah diambilalih oleh AI. 

4. Clipchamp

Kamu tak punya alat memadai namun ingin merekam video dengan kualitas prima? Tenang Clipchamp barangkali adalah jawabannya. Kecerdasan buatan ini memungkinkan untuk melakukan editing video dengan tools layaknya videografer profesional. 

Chatbot ChatGPT

Aplikasi ini chatbot belakangan populer karena bisa menggantikan tugas manusia dalam membalas pesan pendek.

ChatGPT bahkan disinyalir mampu menggantikan tugas chat customer service. Bukan hal baru jika aplikasi chat banyak membantu pelayanan konsumen.

Namun, kelebihan ChatGPT adalah mampu menjawab pertanyaan dengan penjelasan runut dan panjang.

Selama ini hanya pertanyaan sederhana yang mampu dijawab dengan chat, mesin kemudian akan mengarahkan kepada petugas. Namun dengan ChatGPT, pertanyaan yang kompleks pun mampu terjawab. 

Itulah beberpa situs teknologi AI seperti chatbot ChatGPT yang bisa diamanfaatkan untuk berbagai keperluan. (Suara.com/  Nadia Lutfiana Mawarni)

BACA SELANJUTNYA

Opera Luncurkan Browser Versi Baru, Usung Fitur ala Microsoft Edge