Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 12 Februari 2023 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Raksasa teknologi China Baidu sedang bersiap untuk meluncurkan pesaingnya sendiri ke chatbot ChatGPT milik OpenAI yang sangat populer.

Bot ERNIE - berasal dari "Representasi yang Ditingkatkan melalui Integrasi Pengetahuan" - sedang "melakukan sprint sebelum akhirnya online," kata Baidu kepada outlet media pemerintah seperti dilansir dari Russia Today.

Dalam pengembangan sejak September, menurut orang dalam, model bahasa bertenaga AI Baidu diperkirakan akan ditayangkan bulan depan, meskipun perusahaan mengatakan mungkin memulai "pengujian beta lebih awal untuk mengikuti kecepatan Google dan Microsoft."

Baidu mengatakan bahwa mereka memiliki akses ke semua teknologi yang digunakan untuk memprogram ChatGPT dalam menciptakan ERNIE.

Baidu dilaporkan memuji penciptaan OpenAI sebagai "tonggak sejarah dan titik balik dalam pengembangan AI."

Namun, raksasa teknologi Tiongkok itu mungkin berada di posisi yang lebih baik daripada saingan utamanya untuk terlibat dalam "pemrosesan bahasa alami.".

Laporan itu mengutip "pasangan algoritma besar-besaran," volume data yang banyak, dan keakraban dengan bagaimana manusia menggunakan bahasa yang telah dikumpulkan perusahaan dalam lebih dari dua dekade mengoperasikan mesin pencari paling populer di China.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Dengan keunggulan Baidu yang jelas di pasar domestik, pencipta ERNIE "terutama akan fokus pada bahasa, lingkungan, dan pasar Tiongkok, daripada bahasa global," ungkap analis industri Liu Dingding kepada Times.

ChatGPT saat ini tidak tersedia di China, tetapi beberapa perusahaan China lainnya dilaporkan sedang mengerjakan chatbot AI versi mereka sendiri.

ERNIE diprogram dengan teknik yang dikembangkan secara khusus untuk bahasa Cina, di mana kata-kata individual yang dihapus dari konteksnya kehilangan banyak maknanya.

Oleh karena itu, ini adalah model bahasa AI pertama yang menafsirkan arti kata tidak hanya berdasarkan kata-kata yang mengikutinya, tetapi juga pada kata-kata sebelumnya.

Ini dianggap sebagai perkembangan revolusioner ketika versi ERNIE sebelumnya diluncurkan pada tahun 2019, dengan model bahasa secara singkat menempati posisi pertama dalam kompetisi AI yang sedang berlangsung yang dikenal sebagai Evaluasi Pemahaman Bahasa Umum (GLUE). ERNIE sejak itu tergelincir kembali ke posisi kelima.

Kompetensi chatGPT yang canggih dengan bahasa dibandingkan dengan chatbot sebelumnya telah menghasilkan lebih dari 100 juta pengguna dalam dua bulan pertama sejak dirilis.

Awal bulan ini, sebuah universitas Rusia menyerukan akses terbatas ke ChatGPT setelah seorang siswa membuat tesis yang ditulis oleh bot.

Google diperkirakan akan merilis saingannya ke ChatGPT, yang dikenal sebagai Bard, dalam beberapa minggu mendatang, sementara raksasa e-commerce China Alibaba juga mengatakan akan meluncurkan bot bergaya ChatGPT.

BACA SELANJUTNYA

Laporan Unit 42 Palo Alto Networks: 66 Persen Malware Disebarkan Melalui PDF