Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 13 Februari 2023 | 13:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada tahun 2013, ekonom Universitas Oxford Carl Benedikt Frey dan Michael Osborne memperkirakan bahwa hampir setengah dari semua pekerjaan di AS (47%) berada di bawah ancaman komputerisasi atau otomatisasi dalam satu atau dua dekade.

Dengan kata lain, mereka mengisyaratkan bahwa AI (kecerdasan buatan) akan mengurangi tenaga kerja di banyak industri.

Satu dekade kemudian (sekarang), otomatisasi adalah bagian dari hampir setiap industri, sementara layanan bertenaga AI seperti ChatGPT mengancam akan memakan banyak pekerjaan.

Frey sekarang berpendapat bahwa ChatGPT dan sejenisnya dapat menyebabkan upah yang lebih rendah bahkan jika pekerja berhasil berpegang teguh pada pekerjaan mereka.

Menurut Frey, komputer masih belum menggantikan setengah dari tenaga kerja di AS. Namun, trennya ada di sana. Dan, kedatangan ChatGPT mungkin baru saja memicunya.

Dia mengatakan otomatisasi akan menciptakan lebih banyak persaingan di berbagai industri, mendorong upah turun. Frey menunjuk pada pendapatan pekerja usia prima yang terus menurun untuk memaparkan bagaimana AI memengaruhi pekerjaan.

"Menurut saya ada risiko bahwa ChatGPT membuat kita jauh lebih produktif dalam hal-hal yang mudah dilakukan, tetapi bagian yang sulit untuk diketahui adalah bagaimana kita dapat menggunakan AI untuk berinovasi yang kemudian memicu terciptanya pekerjaan baru dan industri baru," katanya seperti dilansir dari Android Headlines.

Frey menyamakan revolusi AI ChatGPT dengan Uber yang mengganggu pasar taksi. Dia mengatakan kedatangan layanan taksi online seperti Uber dan sejenisnya mengakibatkan lebih banyak taksi di jalanan.

Tetapi juga menyebabkan lebih banyak persaingan, sehingga mempengaruhi pemotongan upah sekitar sepuluh persen untuk pengemudi.

"Uber tidak mengurangi permintaan pengemudi taksi," kata Frey.

"Ini membuat jumlah orang yang mengendarai mobil untuk mencari nafkah bertambah, tetapi mengurangi jumlah kapasitas pendapatan pengemudi petahana".

Dia mengisyaratkan bahwa ChatGPT juga akan berdampak pada industri kreatif seperti menulis, musik, seni, desain grafis, dan bahkan pemrograman komputer.

BACA SELANJUTNYA

Galaxy AI Segera Hadir di Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5