Minggu, 21 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 21 Februari 2023 | 19:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Korea Selatan baru saja mengumumkan rencana untuk meluncurkan jaringan 6G di masa depan. Rencana ini membuat Korea Selatan menjadi negara pertama yang mengembangkan jaringan penerus 5G ini.

Rencana Korea Selatan untuk menggarap jaringan 6G ini akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia serta jaringan seluler next-gen berbasis perangkat lunak yang canggih.

Dilansir dari GSM Arena, rencana Korea Selatan ini diumumkan langsung oleh Kementerian Sains dan TIK negara tersebut pada Senin (20/2/2023) lalu.

Menurut rencana, pemerintah Korea Selatan akan memberikan insentif kepada sejumlah perusahaan lokal untuk bisa memproduksi bahan, komponen dan peralatan gune mengembangkan jaringan 6G.

Rencana ini termasuk usaha untuk memperkuat rantai pasokan jaringan tersebut. Studi kelayakan untuk meneliti teknologi jaringan 6G ini menghabiskan biaya yang cukup fantastis yaitu 625,3 miliar won atau setara 482,1 juta dolar AS.

Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)

Dengan dana fantastis yang dikucurkan oleh Korea Selatan ini, negara tersebut memiliki tujuan untuk mengalahkan negara-negara lainnya sebagai pengembang jaringan 6G.

Melihat posisi Korea Selatan sebagai negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia dengan menyumbang 25,9 persen dari paten 5G di tahun 2022, maka sangat mungkin jika negara ini dapat mengembangkan jaringan 6G di masa depan.

Tidak main-main, untuk jaringan 6G ini, Korea Selatan berencana untuk menyumbang 30 persen dalam pengembangan paten 6G di antara para pesaing lainnya.

Menyusul jaringan 5G yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu yang lalu, rencana Korea Selatan untuk menghadirkan jaringan 6G disambut baik oleh dunia teknologi. Sayangnya, belum ada bocoran lebih lanjut terkait hal ini.

BACA SELANJUTNYA

Korea Selatan Kembangkan 6G, Siap Mengudara 2028