Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 22 Februari 2023 | 16:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ganjar Pranowo resmi meluncurkan Hetero for Startup Season 3 di Cinepolis Java Super Mall, Kota Semarang, pada Selasa (21/3/2023). Gubernur Jawa Tengah tersebut berharap bahwa acara ini bisa memunculkan banyak entrepreneur baru.

Ia juga menantikan adanya ide-ide kreatif dari Hetero for Startup Season 3.

“Sudah season 3 ya. Harapan saya akan memunculkan banyak entrepreneur baru. Lalu di antara mereka nanti akan berkumpul dan berbagi pengalaman. Harapan juga, para peserta ini aset jejaring yang bisa dibangun. Tentu saja para mentor yang canggih-canggih dan hebat-hebat ini akan bisa mengawal, memberikan treatment agar usaha kawan-kawan muda ini bisa tumbuh kembang,” ungkap Ganjar Pranowo dikutip dari situs resmi Pemrov Jateng.

Ia tidak menyangka bahwa Hetero For Startup yang sudah memasuki musim ketiga ini diminati banyak peserta dari Indonesia.

Padahal dulunya Hetero for Startup ini yang merupakan kolaborasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah bersama anak-anak muda ini dimaksudkan untuk membantu permasalahan pengusaha di Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo dalam launching Hetero For Startup Season 3. (Pemprov Jateng)

Hetero for Startup kemudian mempertemukan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar dapat berbagi pengalaman dan keluh kesah.

Berbagai kegiatan kemudian dilakukan sehingga memunculkan banyak ide, banyak fasilitas, sistem, hingga metode baru yang diberikan oleh para mentor yang dihadirkan.

Namun kemudian rupanya gerakan ini dilirik banyak peserta dari luar Jawa Tengah, bahkan luar pulau Jawa.

Hal itu disadarai Ganjar Pranowo karena tidak adanya sekat di dunia serba digital ini dan dibarengi dengan kemauan anak muda yang ingin berkembang.

"Saya dulu bicaranya Jawa Tengah. Tapi ada yang lupa bahwa satu kejadian di Jawa Tengah bisa dibaca di manapun dengan alat ini (gawai) karena dunia digital. Kita nggak bisa lagi bicara aksi-aksi lokal itu dipartisi sehingga nggak bisa keluar, nggak bisa. Dunia digital sudah memaksa semua borderless. Begitu kita buat maka ada orang yang tertarik maka nggak bisa nggak. Kita aksi lokal tapi dampaknya bisa global. Pada saat itulah kemudian yang lain bicara ada yang mau ikut dan datang maka saya katakan komunitas ini akan bisa menjadi kekuatan jejaring karena mereka berasal dari banyak tempat," jelas Ganjar.

Ganjar Pranowo dalam launching Hetero For Startup Season 3 (Pemprov Jateng)

Ganjar Pranowo mengaku tak sabar menantikan munculnya ide-ide kreatif dan entrepreneur baru dari ajang tersebut.

Ide tersebut diahrapkan nantinya dapat menjadi pemecah permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat langsung.

Selain itu, Hetero for Startup juga bisa menjadi ruang membangun jejaring antar-entrepreneur.

"Harapan saya akan memunculkan banyak entrepreneur baru. Lalu di antara mereka nanti akan berkumpul dan berbagi pengalaman. Harapan juga, para peserta ini aset jejaring yang bisa dibangun. Tentu saja para mentor yang canggih-canggih dan hebat-hebat ini akan bisa mengawal, memberikan treatment agar usaha kawan-kawan muda ini bisa tumbuh kembang," katanya. (Suara.com/ Aldo Santoso P)

BACA SELANJUTNYA

NAB 2024: Western Digita Hadirkan Solusi Penyimpanan untuk Industri Media dan Hiburan