Rabu, 29 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 26 Februari 2023 | 18:18 WIB

Hitekno.com - Penipuan mengejutkan yang melibatkan situs web palsu yang menyamar sebagai bisnis nyata dan menagih pelanggan dengan akun pedagang Amex palsu telah diekspos oleh Cory Doctorow, seorang penulis dan aktivis yang menulis tentang teknologi dan masyarakat.

Doctorow membagikan kisahnya di Twitter, di mana dia memeberkan bagaimana dia ditipu ketika dia mencoba membeli beberapa makanan untuk dibawa pulang dari situs web bernama kiinthaila.com.

Dilansir dari Gizmochina, dia menemukan bahwa situs web itu sebenarnya palsu yang dibuat oleh scammers menggunakan Wix, sebuah platform yang memungkinkan siapa saja untuk membuat situs web dengan mudah. Para penipu ini juga membuat akun pedagang Amex palsu untukmeniru bisnis nyata dan menggunakannya untuk menagih pelanggan yang memesan dari situs web palsu mereka.

Doctorow pun menghubungi Amex untuk melaporkan penipuan tersebut, tetapi dia kecewa dengan tanggapan mereka. Dia mengatakan mereka tampaknya tidak tertarik untuk melakukan tindakan atas penipuan tersebut atau setidaknya menutup akun penipuan.

Dia juga menunjukkan bahwa Google mempromosikan scammers ini dengan menampilkan iklan mereka sebagai hasil pencarian pertama alih-alih situs web resmi, yang kiinthaiburbank.com.

Penipuan ini tidak hanya berbahaya bagi pelanggan yang kehilangan uang dan kepercayaan mereka, tetapi juga bagi bisnis sah yang nama dan reputasinya dirusak oleh scammers ini.

Sangat mengkhawatirkan bahwa Google bahkan mengizinkan scammers ini untuk memanipulasi hasil pencariannya dan membahayakan penggunanya.

Tweet tersebut kemudian telah mengumpulkan lebih dari 66.9 ribu suka di Twitter pada saat dipublikasikan, meningkatkan tekanan pada Google untuk menerapkan langkah-langkah untuk mencegah penipuan terjadi.

Dalam berita lain, Microsoft mengincar pangsa pasar mesin pencari Google. Bulan ini, raksasa teknologi Microsoft mengumumkan bahwa mereka membawa teknologi GPT-4 terbaru OpenAI ke mesin pencari perusahaan, Bing.

BACA SELANJUTNYA

Android 14 Beta 3 Akhirnya Meluncur, Bawa Perubahan Apa Saja?