Minggu, 28 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 28 Februari 2023 | 15:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penipuan di laman Google kembali terjadi. Baru-baru ini, pengguna melaporkan mengenai iklan akun Amex palsu yang muncul di laman situs pencarian tersebut. Laporan mengenai hal ini diungkap oleh Cory Doctorow, seorang penulis dan aktivis yang menulis tentang teknologi dan masyarakat.

Doctorow membagikan ceritanya di Twitter, di mana dia menceritakan bagaimana dia ditipu ketika mencoba membeli beberapa makanan untuk dibawa pulang dari situs web bernama kiinthaila.com. Dia menemukan bahwa situs web itu sebenarnya palsu yang dibuat oleh penipu menggunakan Wix, sebuah platform yang memungkinkan siapa saja membuat situs web dengan mudah.

Penipu juga membuat akun pedagang Amex palsu untuk bisnis nyata dan menggunakannya untuk menagih pelanggan yang memesan dari situs web palsu mereka. Dilansir lamaan Gizmochina, Minggu (26/2/2023), Doctorow menghubungi Amex untuk melaporkan penipuan tersebut, tetapi dia kecewa dengan tanggapan mereka.

Dia mengatakan mereka tampaknya tidak tertarik untuk menyelidiki penipuan atau menutup akun penipuan. Dia juga menunjukkan bahwa Google mempromosikan scammer ini dengan menampilkan iklan mereka sebagai hasil pencarian pertama, bukan situs resminya, yaitu kiinthaiburbank.com.

 

Penipuan ini tidak hanya merugikan pelanggan yang kehilangan uang dan kepercayaan, tetapi juga bisnis sah yang nama dan reputasinya dirusak oleh penipu ini. Sangat mengkhawatirkan bahwa Google bahkan mengizinkan para scammer ini untuk memanipulasi hasil pencariannya dan membahayakan penggunanya.

Tweet tersebut kemudian mengumpulkan lebih dari 66,9 ribu suka di Twitter pada saat penerbitan, meningkatkan tekanan pada Google untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya penipuan.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis