Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 02 Maret 2023 | 17:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - TikTok mendapatkan kritik dari berbagai kalangan karena mereka dianggap tidak berbuat banyak untuk melindungi remaja dan anak-anak dari konten yang tidak pantas. Menanggapi hal tersebut, perusahaan kini sedang menyiapkan fitur parental control.

Fitur alat kontrol orangtua ini bisa dioperasikan oleh orangtua melalui smartphone atau laptop.

Parental control mencegah remaja atau anak-anak agar mereka tidak melihat konten yang berisi kata-kata atau tagar tertentu.

Ini berarti bahwa anak-anak akan terhindar dari tontonan yang ditujukan untuk orang dewasa.

Langkah pengembangan fitur parental control merupakan upaya TikTok untuk menopang citra publiknya.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan teknologi ByteDance, menghadapi pengawasan baru di seluruh dunia karena kedekatannya dengan pemerintah China dan perlindungan data pengguna.

Aplikasi yang sangat populer di kalangan pengguna muda ini telah dilarang dari ponsel milik pemerintah di Amerika Serikat, Kanada, dan negara lain karena masalah keamanan.

Seperti aplikasi media sosial lainnya, TikTok juga menghadapi kritik karena tidak berbuat cukup untuk melindungi remaja dari konten yang tidak pantas.

"Pengembangan fitur kontrol orangtua sedang dalam tahap awal dan kami akan berkonsultasi dengan organisasi pengasuhan anak, pemuda dan masyarakat sipil untuk merancang alat tersebut," tulis TikTok dalam pernyataan resminya.

Dikutip dari NDTV, TikTok mengumumkan fitur baru untuk membantu pengguna membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan di aplikasi.

Akun milik pengguna di bawah 18 tahun secara otomatis memiliki batas waktu satu jam per hari. Para remaja juga harus memasukkan kode sandi untuk terus menggunakan aplikasi.

Jika remaja memilih untuk menghapus batas harian dan bermain TikTok selama lebih dari 100 menit per hari, aplikasi akan menampilkan prompt yang mendorong mereka untuk menetapkan batas waktu.

Para orangtua kini dapat menetapkan batas waktu khusus untuk mengatur berapa lama anak mereka dapat bermain di TikTok.

BACA SELANJUTNYA

Telegram Siap Hadirkan Fitur Stories pada Aplikasinya, Mulai Kapan?