Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 05 Maret 2023 | 10:51 WIB

Hitekno.com - Apa yang bisa dilakukan di MetaVerse, teknologi baru yang sedang jadi tren belum lama ini. Perkembangan teknologi teranyar ini digadang mampu merobohkan batasan antara dunia nyata dan dunia virtual

Dari segi bahasa, metaverse terdiri dari kata "meta" yang berarti "melebihi" dan kata "verse" yang bermakna "semesta".  Di Indonesia, kata metaverse sudah disadur menjadi kata metamesta.

Terdapat beberapa komponen penting yang harus ada untuk mewujudkan dunia metamesta, yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI).

Namun, teknologi blockchain dan non-fungible token (NFT) juga bisa ditambahkan di dalam metamesta untuk mengkonversi aset virtual menjadi aset nyata.

Meski belum lama lahir, tetapi teknologi metamesta terbukti dapat memberikan manfaat lebih bagi segala aspek. Untuk keperluan bisnis, penggunaan metamesta mampu mengakselerasi pendapatan perusahaan dan menekan pengeluaran.

Selain itu, metamesta juga membuka beragam peluang serta menumbuhkan potensi-potensi baru.

Sebagai contoh, metamesta dapat dimanfaatkan untuk menggapai konsumen-konsumen baru yang jauh lebih luas dengan pengalaman yang lebih menarik.

Salah satunya untuk mengelola destinasi wisata melalui visual lingkungan asri berupa tiga dimensi, serta dikelilingi pepohonan dan sungai.

Saat ini sudah banyak perusahaan dan instansi di Indonesia yang hadir di dunia metamesta. Bukan sekadar ikut-ikutan atau takut tertinggal perkembangan zaman, tetapi karena banyak pihak yang percaya bahwa di masa depan metamesta akan digunakan oleh berbagai sektor secara masif di seluruh dunia.

Sebab, teknologi teranyar ini memberikan manfaat besar melalui kegiatan yang tidak bisa diberikan oleh teknologi sebelumnya.

Apa yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Dengan hadirnya teknologi metverse, apa yang bisa dilakukan di dalam dunia virtual tersebut? Berikut ini berbagai aktivitas menarik di dunia metamesta yang memberikan manfaat bagi penggunanya:

Nonton Konser

Sejak pandemi Covid-19 mewabah di hampir seluruh dunia, aktivitas yang melibatkan kerumunan dihentikan sementara, termasuk konser musik.

Meski kini berbagai konser musik sudah mulai diselenggarakan, tetapi mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa menonton konser bisa dilakukan tanpa harus datang ke lokasi acara.

Kehadiran metamesta menjadi solusi tersebut. Tanpa menghilangkan keseruan, memanfaatkan teknologi metamesta menjadi upaya cerdas untuk merasakan pengalaman baru menonton konser yang lebih menarik.

Bahkan, penonton dimungkinkan juga berinteraksi langsung secara virtual dengan artis pujaan di metamesta.

Bermain Game

Aktivitas seru dan menarik lainnya yang bisa dilakukan di dunia metamesta adalah bermain gim (game). Mungkin bermain gim daring (online) sudah menjadi hal yang biasa saat ini, tetapi bermain gim di metamesta dapat memberikan pengalaman baru yang lebih menarik dan menantang.

Pemanfaatan metamesta juga dipercaya semakin mendongkrak perkembangan eSport di Indonesia. Teknologi metamesta memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para penggiat eSport tanah air, sembari merasakan keseruan eSport dengan suasana yang berbeda dan lebih menarik.

Melalui teknologi metamesta, eSport di Indonesia bisa semakin melebarkan sayapnya di kancah dunia karena metamesta mampu meningkatkan kreativitas dan dapat menjadi wadah yang besar untuk menyalurkan berbagai inovasi untuk masa depan dunia eSport.

Membeli Produk

Seperti disinggung sebelumnya, proses bisnis dapat ditunjang melalui metamesta. Sebab, metamesta dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menjual produknya. Perusahaan dapat menyuguhkan pengalaman menarik kepada pelanggannya.

Semisal di bidang otomotif, pelanggan dapat mencari informasi detail mengenai kendaraan atau produk tertentu melalui metamesta. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat melakukan test drive di metamesta dengan pengalaman seperti di dunia nyata bahkan jauh lebih menarik.

Belum cukup sampai di sana, pelanggan juga dapat membeli produk yang diinginkan melalui metamesta. Pembelian dilakukan dalam bentuk NFT, kemudian dapat di-redeem secara fisik selayaknya membeli produk di dunia nyata. Hal ini membuktikan bahwa metamesta bisa menjadi marketplace untuk keperluan jual-beli.

Tak hanya menjadi marketplace, metamesta juga bisa menghadirkan pusat perbelanjaan atau mall. Pengguna dapat mengunjungi berbagai tenant yang ada di dalamnya, termasuk berbelanja seperti di dunia nyata.

Custom Avatar

Wujud diri di dunia virtual melalui metamesta juga dapat diubah sesuai keinginan. Avatar yang muncul di metamesta dapat dibuat semirip mungkin dengan diri penggunanya sehingga membuat aktivitas yang ingin dilakukan di metamesta bisa jauh lebih menarik.

Tidak hanya penyesuaian penampilan fisik, tetapi pakaian termasuk warnanya juga bisa disesuaikan. Pengguna dapat dibuat seperti berkaca di dunia virtual karena kemiripan avatar tersebut.

Itulah penjelasan dan apa yang bisa dilakukan di metaverse berdasarkan penjelasan metaNesia.

BACA SELANJUTNYA

Tak Fokus ke Smartphone, Nokia Ubah Strategi Bisnis pada 2023