Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 05 Maret 2023 | 11:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kolaborasi metaNesia dan Perhutani telah resmi diuluncurkan. Yakni menghadirkan penerapan teknologi digital terkini seperti Metaverse dan NFT terkait dengan Perhutani.

Dengan kolaborasi ini, Perhutani akan hadir sebagai tenant khusus pada Mall Commerce metaNesia. Namun apa yang dihadirkan dalam kolaborasi Perhutani bersama metaNesia ini?

Kolaborasi Terbaru metaNesia dan Perhutani

Melalui teknologi terbaru yang canggih, Perhutani hadir sebagai tenant khusus pada Mall Commerce metaNesia. Di dalamnya, pengguna bisa mendapatkan informasi terbaru terkait Perhutani sembari melihat lingkungan visual tiga dimensi yang asri, serta dikelilingi pepohonan dan sungai. 

Di masa yang semakin dinamis ini, Perhutani ingin memanfaatkan metaverse atau metamesta untuk memperkenalkan serta mengelola destinasi wisata alam.

Selain menjadi tenant khusus, Perhutani juga baru saja mengeluarkan produk NFT dalam Program Asuh Pohon Digital melalui NFT, hasil kerja sama dengan Market metaNesia. 

"Kerja sama antara Perhutani dan metaNesia tentunya telah memberikan banyak manfaat positif. Salah satunya adalah peningkatan volume penjualan melalui layanan transaksi program Adopsi Pohon dengan menggunakan pembayaran non-tunai. Konsumen akan memperoleh sertifikat adopsi pohon yang di-NFT-kan, ditambah dengan berbagai promo menarik di lokasi wisata Perhutani," ucap Kepala Divisi Ekowisata Perum Perhutani Tri Lastono. 

Tri juga menambahkan, kolaborasi ini dilakukan untuk mempersiapkan Perhutani menghadapi perubahan besar lanskap ekonomi pariwisata baru pasca pandemi COVID-19, yang ditandai dengan empat karakteristik yaitu Hygiene, Low Touch, Less Crowd, dan Low Mobility. 

Selain itu, kehadiran Perhutani di dalam metamesta turut membantu mewujudkan road map Perhutani Smart Tourism Estate yang merupakan suatu konsep pengelolaan destinasi wisata alam berkelanjutan dengan memanfaatkan data dan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan wisata di Era New Normal.

Metaverse di Indonesia

Semua aktivitas menarik di atas dapat dirasakan melalui metaNesia, dunia metamesta dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Sebagai Metaverse Pertama di Indonesia, metaNesia menjadi penggerak bahwa teknologi metamesta saat ini sudah bisa dirasakan manfaatnya di Indonesia. Manfaat yang diberikan meliputi kepentingan bisnis, pendidikan, serta tentunya bagi masyarakat luas pada umumnya.

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta Hendraswara, memaparkan bahwa sebagai lokomotif digital di Indonesia, Telkom masuk ke teknologi teranyar ini untuk menciptakan dunia metamesta yang saling terhubung dengan tujuan besar untuk membangun ekosistem metamesta di Indonesia.

"Kehadiran metaNesia diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi perekonomian Indonesia secara virtual, yang tidak hanya mewadahi perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga menjadi rumah bagi UMKM untuk menjangkau peluang-peluang baru. Tentunya dengan berbagai aktivitas yang menarik dan menyuguhkan pengalaman-pengalaman baru yang tidak didapat sebelumnya," papar Ery.

Telkom mengajak masyarakat serta berbagai perusahaan di Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan metamesta di Indonesia. Sebagai produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital, kehadiran metaNesia menguatkan posisi untuk tidak menjadi tamu di rumah sendiri dan agar semua pihak bisa saling berkolaborasi.

"Aktivitas menonton konser, bermain game, membeli produk, membuat avatar sendiri, serta berbagai aktivitas menarik lainnya dapat diakses di metaNesia melalui metanesia.id. Keseruan dunia nyata kini bisa dirasakan di dunia virtual di metaNesia," tandas Ery. 

BACA SELANJUTNYA

Telkom Bakal Integrasikan IndiHome ke Telkomsel