Minggu, 21 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 09 Maret 2023 | 18:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartfren mengungkap perkembangan jaringan dan persiapan perusahaan dalam menyambut Ramadan serta momen Lebaran 2023. Operator seluler ini memprediksi bahwa terdapat peningkatan antara 12 hingga 15 persen pada momen tersebut.

Pernyataan itu disampaikan oleh salah satu eksekutif perusahaan pada acara Update Persiapan Network Smartfren untuk Ramadan dan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Omah Kecebong, Sleman Yogyakarta, Kamis (09/03/2023).

Pada laporan sebelumnya, Smartfren mengungkap bahwa mereka telah memiliki lebih dari 43 ribu Base Transceiver Station (BTS).

Puluhan ribu BTS itu diklaim telah mencakup lebih dari 285 kota di Indonesia. Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menjelaskan bahwa perusahaan sudah menambah jumlah BTS 4G sebesar 12,3 persen secara nasional selama satu tahun terakhir.

Penambahan terbesar ada pada wilayah Jawa Barat (10 persen), Sumatera Selatan (10 persen) dan Jawa Tengah (9 persen).

Acara pengumumkan Triple Kejutan dari Smartfren serta kesiapan jaringan sambut Ramadan dan mudik 2023. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

"Tahun ini juga akan akan ada penambahan karena ekspansi kita berjalan terus seiring dengan pertumbuhan customer kita. Termasuk di Jawa Tengah, ada beberapa wilayah yang favorit di jalur mudik (jaringannya) kita kebut. Smartfren menambah sekitar 12 persen BTS dalam setahun terakhir. Untuk Ramadan dan Lebaran 2023 sendiri, kita prediksi ada kenaikan trafik 12 sampai 15 persen," kata Agus Rohmat.

Smartfren turut membeberkan data pemudik yang bersumber dari Kemenhub. Terdapat lebih dari 20 juta pemudik menuju Jawa Tengah sementara lebih dari 14 juta pemudik menuju Jawa Timur.

Operator seluler tersebut mengklaim bahwa mereka sudah memperkuat jaringan di area sekitar pemudik.

Untuk menyambut Lebaran 2023, mereka juga melakukan persiapan khusus. Smartfren menyiapkan sekitar 337 mobile combat untuk memperkuat jaringan di sekitar jalur mudik.

Logo Smartfren. (Smartfren)

Lebih dari 500 teknisi lapangan pada Tim Satgas Smartfren disiagakan untuk menjaga kualitas sinyal. Tak hanya itu, mereka juga menyiapkan NOC dan call center 7 x 24 jam saat momen mudik dan Lebaran 2023.

Smartfren mengklaim bahwa lebih dari 94 persen jalur mudik sudah tercover dengan kualitas optimum.

"Untuk area Jawa, lebih dari 100 persen tercover network Smarfren. Sekitar 94 persen jalur mudik tersebut mempunyai kualitas optimum. Sedangkan untuk area luar Jawa, walaupun tercover 100 persen, tapi hanya 90 persen yang mempunyai kualitas optimum. Kami saat ini masih terus dalam proses pengembangan jaringan," ungkap Agus Rohmat menambahkan.

Secara nasional, prediksi peningkatan trafik pada Ramadan dan Lebaran 2023 ada di angka 12 hingga 15 persen. Smartfren diketahui mempunyai banyak pelanggan di Jawa Tengah.

Mereka memprediksi bahwa Jawa Tengah akan mempunyai kenaikan trafik 18 hingga 22 persen. Ini lebih tinggi dibanding kenaikan trafik 18 persen pada tahun lalu di wilayah tersebut.

Smartfren optimis dapat menambah ribuan BTS dalam satu tahun mendatang. Sayang, perwakilan perusahaan tak mengungkap rincian angkanya. Penambahan BTS dilakukan seiring dengan pertumbuhan pelanggan Smartfren.

BACA SELANJUTNYA

Meriahkan Ramadan 2024, Garena CODM Indonesia Gelar Mudik Gratis