Kamis, 20 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 10 Maret 2023 | 14:35 WIB

Hitekno.com - Wajah Emma Watson dilaporkan telah banyak disalahgunakan dengan memakai Deepfake. Parahnya dipakai untuk berbagai konten dewasa bahkan iklan.

Seperti dikutip dari NBCnews, didapati sebuah iklan Facebook yang menampilkan wajah seorang wanita cantik menyerupai Emma Watson.

Dalam video iklan yang ditemukan di Facebook tersebut, wanita berparas menyerupai Emma Watson ini melakukan adegan dewasa.

Namun pastinya wanita dalam video iklan tersebut, bukanlah Emma Watson asli yang selama ini terkenal sebagai bintang Harry Potter.

Melainkan hasil dari aplikasi Deepfake yang menggunakan wajah artis cantik tersebut. Yakni teknologi yang memungkinkan untuk menukar wajah siapa pun dalam sebuah video.

Namun seperti dalam temuan iklan tersebut, aplikasi Deepfake tersebut ada yang menyalahgunakan.

Banyak kreator Deepfake membuat video dengan memakai wajah selebritis seolah-olah mereka rela tampil di dalamnya. Padahal sebenarnya tidak.

Untuk iklan dengan wajah Emma Watson tersebut, ternyata kampanye besar-besaran dari sebuah aplikasi Deepfake.

Iklan aplikasi Deepfake pakai wajah Emma Watson. (NBCnews)

Melalui kampanye tersebut, aplikasi Deepfake ini mengklaim pengguna bisa menukar wajah dalam video dengan siapa pun yang dipilih.

Kampanye yang dilakukan aplikasi tersebut di Facebook menggambarkan teknologi Deepfake yang dulu sangat canggih kini makin marak digunakan.

Sayangnya pemakaian teknologi Deepfake dalam pembuatan konten-konten dewasa dan manipulatif yang berbahaya.

Dilaporkan NBCnews kalau pekan lalu aplikasi Deepfake ini telah meluncurkan lebih dari 230 iklan melalui layanan Meta.

Video iklan yang memanfaatkan paras selebriti ini tersebar melalui Facebook, Instagram maupun Messenger.

Dalam awal video iklan tersebut pun lengkap dengan suara opening alah situs dewasa. Lalu dalam beberapa detik, wajah para wanita dalam iklan tersebut diganti dengan wajah selebritis ternama.

Dari iklan sebanyak itu, ternyata wajah Emma Watson digunakan dalam 127 video. Sisanya memakai berbagai wajah selebriti ternama seperti Scarlett Johansson.

Tanggapan Meta

Berbicara kepada NBCnews, juru bicara Meta menyampaikan kalau perusahaan ini melawang konten dewasa dalam platform mereka.

Larangan ini tidak terbatas pada konten yang dihasilkan oleh AI atau tidak. Meta juga telah membatasi iklan ini.

Itulah laporan terkini dari penemuan iklan aplikasi Deepfake yang menggunakan wajah Emma Watson di platform Meta.

BACA SELANJUTNYA

Deepfake Marak di Darknet, Penjahat Siber Punya Dua Motif Ini