Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Maret 2023 | 11:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hacker Bjorka membeberkan data pribadi yang diduga milik dari mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Sejumlah informasi umbar hacker tersebut.

Melalui kanal Telegram miliknya, Bjorka mempostingkan data pribadi yang diklaim hacker tersebut milik Rafael Alun Trisambodo.

Tidak hanya berisi data priadi seperti NIK dan alamat, menariknya lagi ada tiga kendaraan bermotor yang didaftarkan atas nama mantan pejabat Ditjen Pajak tersebut.

Bukan mobil mewah atau motor gede, tiga kendaraan bermotor yang tercatat atas nama Rafael Alun Trisambodo dalam data tersebut cukup biasa saja.

Tiga kendaraan bermotor dalam data yang diumbar hacker ini antara lain:

  • Mobil Toyota Kijang Innova tahun 2013,
  • Sepeda motor Yamaha RX King tahun 2003
  • Sepeda motor Honda Karisma 2005.

Data Pribadi Diduga Milik Rafael Alun Trisambodo

Bjorka Umbar Data Diduga Milik Rafael Alun Trisambodo

Melalui kanal Telegram miliknya, hacker Bjorka memberikan berbagai informasi milik mantan pejabat Ditjen Pajak tersebut.

Dari penelusuran tim HiTekno.com, Bjorka mengungkap ada sejumlah nomor telepon, email, NIK, Nomor KK, hingga alamat rumah yang tercatat.

Terlihat alamat rumah pejabat pajak tersebut di Jakarta Barat bersama dengan informasi pribadi lainnya.

Tak hanya itu, data yang diklaim hacker tersebut mengungkap nama kedua orang tua Rafael Alun Trisambodo hingga registrasi pernikahannya.

Tak berhenti di sana, Bjorka juga mengumbar tiga kendaraan bermotor yang tercatat atas nama Rafael Alun Trisambodo.

Tiga kendaraan bermotor ini antara lain Toyota Kijang Innova tahun 2013, sepeda motor Yamaha RX King tahun 2003 dan Honda Karisma 2005.

Bjorka Kembali Beraksi

Bjorka. (Breached)

Lama tidak terdengar, hacker Bjorka diketahui telah kembali aktif menawarkan berbagai data priadi. Terutama data milik Warga Negara Indonesia yang jadi incarannya selama ini.

Sebelum mengumbar data pribadi yang diduga milik mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo tersebut, hacker ini juga telah beraksi.

Yakni paling baru ditawarkannya data dari BPJS Ketenagakerjaan.

Bjorka Jual Data BPJS Ketenagakerjaan

Bjorka Diduga Bocorkan Data BPJS Ketenagakerjaan. (Breached)

Sebelum mengumbar data-data yang diklaimnya milik Rafael Alun Trisambodo, hacker Bjorka tersebut juga telah menawarkan jutaan data pribadi lainnya.

Yakni 19 juta data pribadi yang diklaimnya dari database BPJS Ketenagakerjaan dengan harga 10 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 154 juta.

Bjorka mengungkap bahwa mereka yang ingin membeli data harus menghubungi dirinya melalui panduan khusus.

Ia meminta pembayaran menggunakan BTC atau Bitcoin. "Price $10K USS, BTC Only," tulis Bjorka melalui thread yang diunggah pada Minggu (12/03/2023).

Seperti biasanya juga, Bjorka juga menyediakan sampel data untuk orang-orang melakukan pengecekan data yang ditawarkan.

Hacker ini menyediakan 100 ribu data contoh dari 19 juta data pribadi yang diklaim didapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kini paling baru membagikan data pribadi yang diklaimnya milik Rafael Alun Trisambodo kepada publik. Belum terkonfirmasi apakah benar data priadi tersebut asli milik mantan pejabat Ditjen Pajak tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Ancaman Siber, Pakar Temukan Aplikasi Berbahaya Google Play Dijual di Darknet