Rabu, 24 April 2024
Dany Garjito : Kamis, 16 Maret 2023 | 13:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Guru honorer dipecat diduga gara-gara kritik Ridwan Kamil. Simak fakta-fakta beritanya di sini.

Seorang guru honorer di Cirebon Muhammad Sabil Fadilah dipecat setelah mengkritik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sabil dipecat pada Selasa (14/3/2023) lalu berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah. 

Ridwan Kamil pun mengklarifikasi kabar pemecatan guru di Cirebon karena mengkritiknya itu.

Simak fakta guru honorer dipecat usai kritik Ridwan Kamil berikut ini.

1. Kronologi Komentari Postingan Ridwan Kamil

Sabil menceritakan awal mula kejadian yang menyebabkan dirinya dipecat sebagai guru oleh pihak sekolah karena memberikan kritikan pada Ridwan Kamil. Kejadian itu berawal saat Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil itu memposting salah satu kegiatannya di akun Instagram pribadi pada Selasa (14/3/2022).

Ketika itu, Ridwan Kamil mengunggah postingan ketika dia sedang berkomunikasi dengan para siswa SMP di Tasikmalaya secara daring. Ridwan Kamil memberi apresiasi pada para pelajar yang rela patungan membelikan sepatu untuk salah satu temannya.

Ridwan Kamil mengenakan jas berwarna kuning ketika melakukan percakapan dengan para siswa tersebut. Hal itulah yang jadi pemicu Muhammad Sabil menuliskan komentar pada postingan Ridwan Kamil. 

Dalam komentarnya, Muhammad Sabil mempertanyakan posisi Ridwan Kamil ketika berkomunikasi dengan para siswa SMP di Tasikmalaya itu. Pasalnya Sabil menilai dalam kesempatan itu Ridwan Kamil seakan membawa unsur politis ke lingkungan sekolah.

"Komentar saya lebih kurangnya adalah, maneh (kamu) dalam posisi apa? Sebagai Gubernur, kader partai, atau sebagai pribadi Ridwan Kamil. Saya cuma posting (komentar) itu," ungkap Sabil di Cirebon pada Rabu (15/3/2023).

2. Dihujat Netizen Usai Dibalas Ridwan Kamil

Setelah melontarkan pertanyaan pada postingan Ridwan Kamil, komentar Sabil banyak mendapatkan balasan, baik dari Ridwan Kamil sendiri maupun netizen. Apalagi Ridwan Kamil menyematkan komentar Sabil di urutan teratas. 'menurut maneh kumaha' (menurut kamu gimana)?"kata Sabil membacakan balasan Ridwan Kamil.

Sekitar kurang lebih satu jam usai berkomentar dalam postingan Ridwan Kamil, Sabil kaget karena mendapat mendapat banyak notifikasi berisi hujatan dari netizen. Bukan hanya untuk diri sendiri, hujatan dari netizen juga merambat ke lembaga sekolah tempat Sabil bekerja.

3. Dipecat Dari Sekolah

Usai ramai dihujat, Sabil memutuskan untuk menghapus komentarnya di postingan Ridwan Kamil itu. Selain itu dia juga mendapat informasi bahwa akun Instagram Ridwan Kamil diduga mengirimkan direct message (DM) ke akun Instagram milik sekolah tempatnya bekerja.

Usai mendapat DM, pihak sekolah tempat Sabil bekerja  kemudian melakukan rapat untuk menindaklanjuti masalah itu. Di hari yang sama, pihak sekolah  mengeluarkan surat keputusan pemecatan pada Muhammad Sabil.

4. Gara-Gara Kata 'Maneh'?

Sabil sendiri mengaku tak ada maksud berlaku tidak sopan ketika berkomentar di postingan Ridwan Kamil. Menurut Sabil, kata 'Maneh' yang disampaikan dalam komentar tersebut karena dia menilai Ridwan Kamil sebagai sosok yang supel dan mudah akrab dengan netizen.

"Saya menggunakan kata maneh juga dengan pertimbangan Ridwan Kamil itu kan orangnya cepat akrab dengan followers," ucap Sabil. 

5. Klarifikasi Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mengaku kaget atas pemecatan guru Cirebon yang mengkritik dalam postingannya itu. Dia juga menegaskan bukan sosok antikritik karena selama ini banyak mendapat kritik baik kasar maupun santun yang semua ditanggapinya dengan santai. 

"Menyikapi berita guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritik saya yang membuat saya juga kaget. Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar, sudah ribuan kritik masuk dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja," kata Ridwan Kamil dikutip dari akun Instagram pribadinya pada Rabu (15/3/2023).

6. Ridwan Kamil Hubungi Sekolah yang Pecat Sabil

Ridwan Kamil menilai pemecatan guru itu diambil pihak sekolah untuk menjaga nama baik lembaga pendidikannya. Walau begitu dia mengaku sudah menghubungi pihak sekolah dan menyarankan agar Sabil tidak dipecat.

"Saya sudah mengontak sekolah/yayasan, agar yang bersangkutan untuk cukup dinasehati dan diingatkan saja, tidak perlu sampai diberhentikan," ujarnya.

7. Sabil Sudah Legowo Dipecat

Sabil mengaku tak berniat menuntut ke jalur hukum atas pemecatannya.

Ia legowo dengan keputusan pihak sekolah yang memecatnya.

"Pemecatan dari sekolah buat saya hal wajar karena impact banyak kritik netizen, selain dari direct message RK ke sekolah. Jika dipanggil kembali pun, saya merasa malu ya, malu karena sekolah menjadi korban netizen yang berkomentar pedas. Tidak ada tuntutan hukum atau apapun, saya menerima keputusan sekolah atau yayasan," ujar Sabil pada Kamis (16/3/2023). (Suara.com)

BACA SELANJUTNYA

Viral Kasus Guru Diintimidasi karena Laporkan Pungli, Harta Kepala BKPSDM Pangandaran Tembus Rp 5 M