Sabtu, 27 April 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 16 Maret 2023 | 13:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini, beredar kabar yang menyebut bahwa mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo resmi dimiskinkan dan usai harta miliaran rupiah miliknya disita negara. Kabar ini beredar pertama kali usai diunggah oleh channel YouTube 'Kabar Politik' pada 14 Maret 2023 lalu.

Akun ini mengunggah thumbnail atau sampul video yang memperlihatkan gambar Rafael Alun Trisambodo mengenakan baju tahanan oranye. Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut.

"Resmi Pagi ini!!Rafael Tri Sambodo Langsung Di Miskinkan, Miliaran Di Sita Negara"

Berikut narasi dalam thumbnail video.

"TRI SAMBODO RESMI DI MISKINKAN. ASET MILIARAN DI SITA NEGARA, RESMI PAGI INI"

Secara lengkap simak ulasan CEK FAKTA harta miliaran rupiah milik Rafael Alun Trisambodo yang disita negara di bawah ini.

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran, narasi yang mengklaim Rafael Alun Trisambodo resmi dimiskinkan dan aset miliaran disita negara itu tidak benar. Faktanya, isi video setelah didengarkan sama sekali tidak membahas informasi mengenai Rafael Alun yang dimiskinkan sampai aset miliknya disita negara.

Video itu berisi konferensi pers Kementerian Keuangan yang menjelaskan mengenai nasib Rafael Alun Trisambodo di Kemenkeu yang bisa dipecat karena pelanggaran berat yang dilakukannya. Potongan video lain memperlihatkan Menko Polhukam Mahfud MD yang membicarakan mengenai safe deposit box Rafael Alun.

Narator dalam video membicarakan pemecatan Rafael Alun dari Kementerian Keuangan sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dengan dipecat tidak hormat, maka ayah Mario Dandy ini tidak mendapatkan uang pensiunan PNS. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan.

Dalam video, disertakan pula rentetan pelanggaran berat yang dilakukan Rafael, termasuk tidak menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tidakan pada setiap orang baik di luar maupun di dalam kedinasan. Sementara itu, tidak ada pemberitaan yang menyebutkan bahwa aset miliaran milik Rafael Alun sudah disita negara.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, narasi harta miliaran rupiah milik Rafael Alun Trisambodo yang disita negara adalah hoaks. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100