Sabtu, 24 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 22 Maret 2023 | 13:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berdasarkan data Ramadhan 2022 silam, penjualan hanpers melonjak hampir 2,5 kali lipat di Tokopedia dibanding sebelumnya. Berniat untuk ikutan jualan online hampers Ramadhan di Tokopekdia juga?

Ada beberapa tips jualan online hampers Ramadhan di Tokopedia yang membantu kamu untuk lebih laku.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana menyampaikan penjualan hampers menjelang hari raya cenderung melesat signifikan.

Di Tokopedia, pada minggu pertama Ramadan 2022 (periode data: 2-9 April 2022), penjualan hampers naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan seminggu sebelumnya. 

"Hal itu disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang banyak berkirim hantaran atau hampers di momen-momen spesial seperti menjelang hari raya. Ini memang bisa menjadi momen yang tepat bagi pelaku usaha untuk menaikkan penjualan produk hampers, namun Tokopedia terus mengimbau penjual untuk membuat produk hampers yang lebih ramah lingkungan," jelas Maisyalina. 

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pernah mencatat adanya peningkatan volume sampah sebesar 4% selama bulan Ramadan yang disebabkan oleh perubahan pola konsumsi selama bulan puasa. DLH Kabupaten Tegal pun mencatat volume sampah di Pantura pasca Lebaran 2022 lalu naik 20% dibanding hari biasa, dari 500 ton menjadi 600 ton per hari.

Meminimalisasi potensi meningkatnya tumpukan sampah–termasuk yang berasal dari produk hampers di periode pra hingga pasca Ramadan–adalah tanggung jawab bersama. Tokopedia dalam mendukung ‘Misi Nol Sampah GoTo 2030’, misalnya, telah menghadirkan gerakan Tokopedia Hijau.

Melalui gerakan ini, Tokopedia mengajak masyarakat–termasuk sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM–berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang.

Lima Tips Usaha Hampers Ramadhan Ramah Lingkungan 

AngelFin Natural dan Mendekor adalah contoh UMKM yang bergabung di Tokopedia Hijau dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan dengan memproduksi hampers ramah lingkungan. Kedua penjual ini mencatat kenaikan transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat pada minggu pertama Ramadan 2022 dibanding minggu sebelumnya.

Tokopedia, AngelFin Natural dan Mendekor membagikan lima tips jualan online hampers Ramadhan do Tokopedia yang lebih ramah lingkungan.

1. Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R

"Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Misalnya, toples kaca bisa digunakan untuk kue kering. Paper bubble wrap dan kertas cacah bisa dipakai untuk mengemas barang pecah belah," jelas Maisyalina.

Maisyalina berkata kesadaran masyarakat menggunakan kemasan ramah lingkungan semakin tinggi, "Terbukti dari penjualan berbagai kemasan ramah lingkungan pada minggu pertama Ramadan 2022 yang meningkat dibanding minggu sebelumnya. Penjualan paper bubble wrap dan besek bambu naik masing-masing hampir 1,5 kali lipat, sedangkan kantong singkong lebih dari 2 kali lipat."

Pemilik Usaha Mendekor, Brian Karno, menerangkan, "Mendekor memberikan opsi kemasan ramah lingkungan seperti paper bubble wrap kepada para pembeli dan selalu direspon dengan sangat positif. Jumlah transaksi produk dengan kemasan ramah lingkungan dari Mendekor di Tokopedia naik 2 kali lipat selama 2022 dibandingkan dua tahun sebelumnya."

Mendekor, yang menjual berbagai produk dekorasi interior, menggandeng lebih dari 30 perajin di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan dan dari berbagai latar belakang. Brian ingin para perajin tersebut semakin berdaya untuk membuat produk berkualitas tinggi bahkan setara dengan brand kelas dunia.

2. Ajak pembeli mendaur ulang hampers ramah lingkungan

Selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan bagi pembeli untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima.

"Sebutkan juga dampak apabila pembeli bersedia mendaur atau memakai ulang kemasan hampers tersebut untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak masyarakat agar peduli lingkungan," jelas Maisyalina.

Pemilik AngelFin Natural, Angelique Dewi, mengatakan, "Kami secara berkala mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui Tokopedia dan media sosial. Kami juga aktif menginformasikan bahwa setiap membeli produk AngelFin Natural, masyarakat bisa ikut berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat di berbagai daerah."

Angelique melalui AngelFin Natural menggandeng sekitar 300 komunitas petani dan perajin di desa Muntigunung, Bali Timur, masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu, serta perajin produk kayu berkelanjutan di Yogyakarta untuk memproduksi berbagai jenis produk ramah lingkungan dengan mengurangi jejak karbon. 

3. Permudah pembeli cari hampers ramah lingkungan dengan fitur beriklan

"Penjual hampers Ramadhan dapat memasukkan produk paling populer di toko mereka ke dalam hampers ramah lingkungan yang akan dijual. Manfaatkan juga fitur Pelengkap Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus," saran Maisyalina.

"Agar hampers ramah lingkungan yang dijual dapat tampil teratas di halaman Tokopedia, gunakan fitur beriklan otomatis TopAds. Cukup dengan modal kecil mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan," ujar Maisyalina.

Penjualan AngelFin Natural dan Mendekor meningkat 2 kali lipat setelah menggunakan TopAds.

4. Pelajari tips jualan online hampers Ramadhan lewat modul gratis

Ada beragam materi edukasi jualan online di Pusat Edukasi Seller Tokopedia, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN2023 yang bisa membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan di bulan puasa sekaligus mempermudah masyarakat #LengkapiRamadan lewat Tokopedia. Penjual dapat mengikuti berbagai tantangan menarik dan memenangkan jutaan saldo iklan TopAds.

"Khusus untuk yang ingin memulai dan membangun bisnis ramah lingkungan, bisa mengakses modul komprehensif Tokopedia Hijau. Semua materi bisa diakses secara gratis. Ada berbagai topik relevan dalam bentuk webinar atau modul. Mulai dari mengatur promo toko hingga strategi berjualan hampers, termasuk hampers ramah lingkungan," kata Maisyalina.

5. Tingkatkan penjualan hampers ramah lingkungan lewat Tokopedia Hijau

"Penjual dengan produk ramah lingkungan, kemasan minim sampah dan usaha yang berdampak sosial bisa bergabung di halaman khusus Tokopedia Hijau untuk menjangkau lebih banyak masyarakat," tambah Maisyalina. Medan, DKI Jakarta dan Bandung tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia Hijau pada awal 2023.

"Ini terjadi berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia di berbagai wilayah dengan permintaan tinggi. UMA Women adalah contoh penjual di Tokopedia Hijau yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia," kata Maisyalina.

BACA SELANJUTNYA

Tips Beli Kambing untuk Kurban Online Lewat Ecommerce Biar Nggak Kena Tipu