Rabu, 24 April 2024
Dany Garjito : Minggu, 26 Maret 2023 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Luis de La Fuente pelatih timnas Spanyol yang baru sukses meredam agresivitas timnas Norwegia yang diisi pemain top Erling Haaland.

Simak profil Luis de La Fuente dalam artikel ini.

Profil Luis de La Fuente

Luis de La Fuente tidak terlalu dikenal di kancang sepak bola. Dia merupakan mantan pemain Athletic Bilbao dan Sevilla. Selama 13 musim berkarier, Luis de La Fuente hanya mencetak 6 gol.

Kini Luis de La Fuente ditunjuk menggantikan Luis Enrique yang mundur setelah gagal bawa Spanyol di Piala Dunia 2022.

Pria bernama lengkap Luis de la Fuente Castillo lahir pada 21 Juni 1961. Karier sepak bolanya lama di Spanyol dan menghabiskan waktu dengan menjadi bek kiri.

Dikutip dari beberapa sumber, Luis de La Fuente mengumpulkan total 254 pertandingan La Liga dan enam gol selama 13 musim, bersama Athletic Bilbao dan Sevilla.

Luis de La Fuente melakukan debut seniornya dengan tim cadangan pada tahun 1978 di Segunda División B.

Pada 8 Maret 1981 ia masuk tim utama. De la Fuente pasti dipromosikan ke skuad utama pada musim panas 1982.

Dia mencetak gol profesional pertamanya pada tanggal 26 Maret tahun berikutnya, yang terakhir dalam kekalahan kandang 4-0 dari RC Celta de Vigo.

Pada Juli 1987, de la Fuente pindah ke sesama klub liga Sevilla FC. Pada tahun 1991, dia kembali ke Athletic dengan bayaran 20 juta peseta, tetapi jarang digunakan.

De la Fuente bergabung dengan Deportivo Alavés pada tahun 1993, dengan tim di tingkat ketiga. Setelah satu musim, ia pensiun pada usia 33 tahun.

Dunia kepelatihan Luis de La Fuente dimulai di Club Portugalete, di liga regional. Pada musim panas 2000 dia diangkat di klub Segunda División B CD Aurrerá de Vitoria, tetapi dipecat pada bulan Maret tahun berikutnya.

Setelah kembali ke Sevilla, de la Fuente kembali ke Athletic. Awalnya seorang manajer cadangan, ia juga bertindak sebagai delegasi pertandingan selama dua tahun[10] sebelum kembali ke tugas sebelumnya.

Pada 13 Juli 2011, de la Fuente ditunjuk sebagai pelatih Alavés, dipecat pada 17 Oktober.

Pada tanggal 5 Mei 2013 ia ditunjuk memimpin tim Spanyol U-19, yang memenangkan Kejuaraan Eropa UEFA 2015 di Yunani.

De la Fuente menjadi manajer tim U-21 pada Juli 2018, setelah Albert Celades mengundurkan diri.

Kompetisi pertamanya adalah Kejuaraan Eropa 2019 di Italia, ditaklukkan setelah kekalahan terakhir 1-0 dari Jerman di Udine.

Pada 8 Juni 2021, de la Fuente dan timnya mengisi sebagai tim senior Spanyol untuk pertandingan pemanasan UEFA Euro 2020 melawan Lituania, setelah skuad tersebut diisolasi ketika Sergio Busquets dinyatakan positif COVID-19. Mereka menang 4-0 di Leganés.

De la Fuente juga bertanggung jawab atas tim Olimpiade Spanyol pada pertandingan 2020 yang tertunda di Jepang.

Pihaknya memenangkan medali perak, kalah 2-1 dari Brasil di final.

Bawa Spanyol Mengalahkan Norwegia 

Timnas Spanyol berhasil mengalahkan Norwegia dalam matchday pertama Grup A Kualifikasi EURO 2024, Minggu (26/3/2023) dini hari WIB.

Dalam laga debut Luis de la Fuente sebagai pelatih kepala tim senior, La Furia Roja sukses menghancurkan Norwegia dengan skor 3-0 di Estadio La Rosaleda.

Spanyol tampil begitu dominan dalam pertandingan ini. Gol-gol mereka dicetak oleh Dani Olmo pada menit ke-13 dan Joselu yang mengemas dua gol pada menit 84 dan 86.

Terlepas dari kemenangan besar itu, Spanyol dipaksa bertahan dari gelombang tekanan Norwegia. Situasi ini yang disoroti Luis de la Fuente.

“Ada banyak hal yang harus ditingkatkan, tetapi saya sangat senang dengan apa yang telah saya lihat selama empat hari ini”, kata eks pelatih Timnas Spanyol U-19, U-21 dan U-23 itu seperti dikutip dari Marca, Minggu (26/3/2023).

"Saya senang di atas segalanya karena sikap para pemain. Tapi, memiliki ruang peningkatan yang luar biasa," tambahnya.

Dia memberikan pujian khusus untuk Joselu. Striker veteran itu mampu unjuk gigi ketika diberi kesempatan bermain bersama La Furia Roja.

“Dia datang dengan sangat antusias. Kami sangat beruntung memiliki pemain seperti itu. Joselu berhak berada di sini," kata De la Fuente.

“Dia pantas mendapatkan debut internasionalnya.” (Suara.com)

BACA SELANJUTNYA

Profil dan Biodata Codebluuuu Tiktok yang Viral Ribut dengan Farida Nurhan