Sabtu, 20 April 2024
Amelia Prisilia : Jum'at, 31 Maret 2023 | 14:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini, publik digegerkan dengan kabar yang menyebut bahwa Ferdy Sambo sudah dieksekusi mati. Kabar tersebut disebarkan oleh akun Youtube dengan 87,2 ribu pengikut bernama KANAL BERITA melalui sebuah video yang diunggah pada 28 Maret 2023.

"SIANG INI KABAR DUKA DATANG DARI FERDI SAMBO // SAMBO TELAH SELESAI DIEKSEKUSI HARI INI ??" begitu judul dalam unggahan tersebut seperti dikutip Mamagini, Selasa(28/3/2023).

Selain itu, unggahan tersebut juga menyertakan thumbnail berupa foto yang diduga telah direkayasa dengan narasi berikut: "SAMBO PERGI UNTUK SELAMANYA, FERDY SAMBO SUDAH DIEKSEKUSI PADA HARI INI". Dilansir dari Suara.com, berikut ulasan cek fakta kabar Ferdy Sambo sudah dieksekusi mati.

Penjelasan

Setelah melihat unggahan tersebut secara utuh, tidak ditemukan adanya keselarasan antara narasi dalam judul dan thumbnail dengan isi video. Video tersebut sama sekali tidak menampilkan atau menunjukkan bukti bahwa Ferdy Sambo telah dieksekusi hari ini.

Adapun isi video tersebut justru menjelaskan bahwa kabar Ferdy Sambo telah dieksekusi merupakan kabar hoaks. Faktanya, berdasarkan penelusuran, hingga saat ini tidak ada berita kredibel yang menyatakan Ferdy Sambo telah dieksekusi hari ini.

Sebagaimana diberitakan, Ferdy Sambo mendapatkan vonis hukuman mati dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Atas vonis tersebut, Ferdy Sambo mengajukan upaya banding. Hasil banding Ferdy Sambo baru akan dibacakan pada 12 April 2023 mendatang.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menarasikan Ferdy Sambo telah dieksekusi hari ini merupakan klaim yang salah. Unggahan tersebut merupakan unggahan yang mengandung informasi dan narasi menyesatkan.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Mamagini.Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100