Minggu, 28 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 05 April 2023 | 15:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nama Ibu Ida Dayak menjadi viral usai adanya video pengobatan yang ia lakukan. Baru-baru ini beredar kabar mengenai Ibu Ida Dayak yang mendapat hadiah rumah sakit dari raja Arab. Benarkah?

Ibu Ida Dayak dikenal memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti patah tulang, saraf kejepit dan lain sebagainya secara instan bisa sembuh.

Kini beredar rumor jika Ida Dayak berhasil menyembuhkan raja Arab dan diberikan hadiah oleh Raja Arab sebuah rumah sakit untuknya. Kabar tersebut mencuat dari unggahan channel YouTube Central Berita Indonesia pada Senin (3/4/2023) dengan judul.

"Begini reaksi ibu Ida Dayak saat Raja Arab siap bangunkan rumah sakit sebagai hadiah," tulis judul video, dikutip Selasa (4/4/2023).

Lantas pada thumbnail video turut ada sebuah kalimat yang menerangkan jika Raja Arab memberikan hadiah secara khusus rumah sakit untuk Ibu Ida Dayak. Benarkah kabar tersebut?

Cek Fakta

Usai melihat video dengan foto sampul ada gambar Presiden Jokowi, raja Arab, Raja Arab dan Ibu Ida dayak, nampak ada ketidak selarasan antara judul, sampul dengan isi video.

Kemudian usai melakukan penelusuran, sama sekali tidak ditemukan adanya informasi yang benar soal Ida Dayak telah menyembuhkan raja dan memperoleh hadiah dari Raja Arab berupa rumah sakit.

Sedangkan soal sampul video hanya berupa editan. Melihat hal ini, dapat disimpulkan bahwa video yang beredar mengenai Ibu Ida Dayak mendapat hadiah rumah sakit dari raja Arab ini hanyalah hoaks.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100