Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 08 April 2023 | 17:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ida Dayak viral dan menjadi perbincangan netizen akhir-akhir ini. Wanita asal Kalimantan tersebut konon memakai Minyak Bintang dalam melakukan pengobatan alternatif.

Ida Dayak dikabarkan mempunyai keahlian untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan menggunakan minyak khusus.

Ida Dayak diyakini mampu menyembuhkan penyakit seperti patah tulang, saraf kejepit dan lain-lain secara instan.

Video viral menampilkan sosok wanita asal Kalimantan Timur yang menggunakan minyak warna merah khas suku Dayak.

Minyak Bintang dari suku Dayak ini itu dipercaya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Berikut 6 penjelasan menarik mengenai Minyak Bintang:

Minyak Bintang Ibu Ida Dayak (YouTube Petualang Ibu dayak)

1. Obat orang Kalimantan

Minyak Bintang merupakan obat yang digunakan orang Kalimantan sejak zaman dulu, terutama di masa perang.

Ramuan ini bahkan dikenal secara turun temurun memiliki kesaktian untuk mengobati patah tulang, tulang remuk, dan juga terkilir.

2. Salah satu bagian dari ilmu magis

Minyak Bintang juga dipercaya sebagai salah satu dari ilmu magis yang berkembang dalam masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

3. Mempunyai mitos dapat menghidupkan pemiliknya yang mati terbunuh

Keistimewaan minyak bintang lainnya berdasarkan keprcayaan masyarakat setempat adalah ramuan ini dapat menghidupkan pemiliknya yang mati terbunuh dengan catatan tubuh sang pemilik tidak dimutilasi.

4. Bahan pembuatan Minyak Bintang itu misterius

Mengenai bahan pembuatan Minyak Bintang, tidak diketahui secara pasti.

Beragam versi berpendapat Minyak Bintang dibuat dari otak manusia yang mati terbunuh, otak ular piton, dan bahkan ada juga yang berkata dibuat dari burung yang kakinya berulang kali dipatahkan lalu disembelih.

Bahkan ada juga yang berpendapat berasal dari pusar ular piton mati. Oleh karenanya, aroma Minyak Bintang tidak sedap.

5. Pembuatan Minyak Bintang pun rumit

Tak hanya bahan pembuatannya yang misterius, pembuatan Minyak Bintang pun rumit dan sama misteriusnya karena berdasarkan cerita rakyat Kalimantan dikisahkan bahwa Minyak Bintang dibuat dengan ritual tertentu.

Harus dilakukan pemanggilan roh nenek moyang dan kekuatan dari cahaya bintang. Selain itu, sosok yang membuat obat sakti ini tidak boleh sembarang orang.

6. Cara kerja Minyak Bintang

Cara kerja Minyak Bintang terkesan sederhana. Misalnya untuk luka ringan, cukup dioleskan saja. Sedangkan untuk yang mengalami patah tulang, Minyak Bintang harus diminum.

Lalu, untuk menghidupkan orang mati, Minyak Bintang diteteskan di mulutnya saja. Akan tetapi, tidak semua orang mati bisa dibangunkan kembali. Syarat orang mati yang bisa dibangunkan dengan Minyak Bintang adalah ia yang matinya karena terbunuh.

Demikian itu penjelasan singkat apa itu Minyak Bintang yang digunakan oleh Ida Dayak untuk menyembuhkan orang-orang sakit. (Suara.com/ Rifan Aditya, kontributor: Mutaya Saroh)

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen