Minggu, 16 Juni 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 03 Mei 2023 | 15:57 WIB

Hitekno.com - Teknologi Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini semakin berkembang di berbagai aspek. Perusahaan ini menghadirkan tool atau alat yang diklaim mampu menyalin serta meringkas isi pembicaraan meeting.

Alat yang dimaksud adalah Meeting.ai. Itu adalah tool atau alat yang dikembangkan oleh Bahasa.ai, perusahaan riset AI yang berbasis di Indonesia dengan pengalaman lebih dari lima tahun.

Perusahaan mengklaim bahwa pengguna dapat meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi AI.

Alat ini dirancang untuk memahami dan menghargai konteks budaya di Asia Tenggara, dengan melatih sistem ASR (Automatic Speech Recognition) dalam Bahasa Indonesia serta melengkapi ASR bahasa Inggris untuk memahami ucapan Inggris khas Singapura.

Tidak hanya akurat dalam menyalin pembicaraan dalam meeting, Meeting.ai juga dapat menghasilkan ringkasan dan pokok bahasan dari transkrip yang dihasilkan.

Alat dengan terknologi kecerdasan buatan dalam meeting, Meeting.ai. [Bahasa.ai]

Tingkat akurasi diklaim mencapai 96 persen untuk Bahasa Inggris dan 94 persen untuk Bahasa Indonesia. Alat ini hadir membantu eksekutif, manajer, tim sales, hingga berbagai profesi untuk memaksimalkan hasil meeting mereka.

Hokiman, pendiri Bahasa.ai, mengatakan bahwa AI dapat membantu perusahaan melestarikan pengetahuan yang bernilai dengan mencatat secara otomatis.

Dengan Meeting.ai, perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan AI untuk mengoptimalkan potensi bisnis dengan melestarikan pengetahuan institusi perusahaan.

Ilustrasi meeting.ai. (YouTube/ meeting.ai)

Menurut data yang ada, setidaknya terdapat 16 juta pekerja kantoran di Indonesia yang sering menggunakan alat meeting online.

Meeting.ai terintegrasi dengan platform meeting online seperti Google Meet, Zoom, dan Microsoft Teams.

Setelah meeting berlangsung, kamu akan menerima ringkasan dan pokok bahasan dalam bentuk poin-poin, serta dapat memutar ulang audio dari poin yang dibahas.

Di masa mendatang, tujuan utama dari Meeting.ai adalah menjadi solusi AI terbaik untuk meeting di Asia Tenggara.

"Mari kita manfaatkan kekuatan AI untuk mengoptimalkan potensi diri, melestarikan pengetahuan institusi perusahaan, dan membuat meeting kita lebih bermakna dari sebelumnya," ujar Hokiman dalam keterangan resminya, Selasa (2/5/2023). (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Universitas Indonesia dan Yandex Gelar Seminar AI yang Komprehensif