Senin, 22 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 09 Mei 2023 | 20:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah postingan di YouTube mengenai Anies Baswedan yang kecolongan gegara Nasdem balik arah membuat heboh netizen. Berikut terdapat cek fakta terkait isu Nasdem mendukung Ganjar Pranowo.

Postingan video diunggah dengan gambar panggung yang menampilkan Ganjar Pranowo. Terdapat pula logo partai Nasdem dan massa yang mengelilingi panggung.

Kabar itu disebarkan oleh akun Youtube dengan 87,9 ribu pengikut bernama KANAL BERITA melalui sebuah video yang diunggah pada 8 Mei 2023.

"ANIES KECOLONGAN DIAM DIAM PARTAI NASDEM PUTAR HALUAN DUKUNG GANJAR ??" bunyi judul dalam unggahan tersebut dikutip pada Selasa (9/5/2023).

Selain itu, unggahan tersebut juga menyertakan thumbnail berupa foto yang diduga telah direkayasa dengan narasi sebagai berikut:

"KEPUTUSAN MENGEJUTKAN PARTAI NASDEM BALIK ARAH DUKUNG GANJAR"

Namun begitu, apakah benar Partai NasDem kini mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pilpres 2024?

Cek Fakta: Anies Kecolongan, Diam-Diam Partai NasDem Putar Haluan Dukung Ganjar, Benarkah? (YouTube)

Penjelasan

Setelah melihat unggahan tersebut secara utuh, video itu sama sekali tidak menampilkan tayangan terkait Partai NasDem yang kini berubah haluan mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Video tersebut juga sama sekali tidak menunjukkan bukti bahwa NasDem tak lagi mengusung Anies Baswedan.

Faktanya, berdasarkan penelusuran, hingga saat ini (9 Mei 20223) tidak ada berita kredibel yang menyatakan NasDem tak lagi mengusung Anies Baswedan dan beralih mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim dengan narasi NasDem putar haluan diam-diam mendukung Ganjar merupakan klaim yang salah atau Hoaks.

Unggahan tersebut merupakan unggahan yang mengandung informasi dan narasi menyesatkan. (Suara.com/ Tamara)

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Mamagini.Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli