Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 10 Mei 2023 | 16:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar video yang mengklaim kalau Gubernur Jawa TengahGanjar Pranowo didesak mundur oleh rakyat Jateng. Benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel cek fakta berikut ini.

Dalam video yang beredar, diklaim kalau Ganjar Pranowo didesak mundur dari jabatan Gubernur karena dinilai tidak becus.

Video berisi klaim Ganjar Pranowo didesak mundur tersebut disebarkan oleh akun Youtube KOPI POLITIK yang diunggah pada 9 Mei 2023.

"TAK BECUS URUS JATENG !! JUTAAN RAKYAT DESAK GANJAR MUNDUR," tulis judul video, dikutip tim HiTkeno.com Rabu (10/5/2023).

Selain itu, unggahan video di YouTube tersebut juga menyertakan thumbnail berupa foto yang diduga hasil rekayasa atau foto editan:

"POLISI KEWALAHAN JUTAAN RAKYAT JATENG DESAK GANJAR MUNDUR," tulis narasi pada foto thumbnail video tersbeut.

Lantas benarkah rakyat Jateng desak Ganjar Pranowo mundur dari jabatan Gubernur Jawa Tengah?

Cek Fakta: Jutaan Rakyat Jateng Desak Ganjar Pranowo Mundur. (Youtube)

Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut sama sekali tidak menampilkan tayangan yang memperlihatkan jutaan rakyat Jateng yang mendesak Ganjar Pranowo mundur dari jabatan gubernur.

Faktanya, berdasarkan penelusuran, hingga saat ini tidak ada berita kredibel yang menyatakan jutaan rakyat mendesak Ganjar Pranowo mundur dari jabatan Gubernur karena tak becus mengurus Jawa Tengah.

Nyatanya sejumlah tokoh menyarankan Ganjar Pranowo untuk mundur dari jabatan Gubernur Jateng karena dirinya diusung menjadi bakal calon presiden oleh PDIP.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim Ganjar Pranowo didesak mundur dari jabatan Gubernur merupakan informasi keliru alias hoax.

Itulah hasil cek fakta pada video yang mengklaim Ganjar Pranowo didesak mudur oleh rakyat Jateng dari jabatan gubernur yang ternyata tidak benar atau hoax. (Metro.suara.com)

 

 

 

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini.

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo Cium Arya Saloka di Depan Media?