Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 10 Mei 2023 | 17:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar video dengan narasi yang mengklaim kalau Anang Hermansyah meninggal dunia. Benarkah klaim video tersebut? Simak ulasan cek fakta berikut ini.

Dalam video yang beredar, diklaim kalau Anang Hermansyah meninggal dunia. Suami Ashanty itu dikabarkan tutup usia usai alami kecelakaan di Bekasi, Jawa Barat.

Video tersebut diunggah akun Youtube Beranda Viral pada Selasa (9/5/2023). Judul yang ditulis adalah "Innalillahi, Anang Meninggal Dunia di Tempat Kejadian Usai Mengalami Kecelakaan Maut di Bekasi". (sumber video: https://www.youtube.com/watch?v=FoqCmQbWdec&feature=youtu.be )

Dalam video tersebut terlihat barisan karangan bunga bertuliskan ucapan berita duka. Sejumlah artis juga datang mengunjungi rumah duka untuk bertakziah, diantaranya Baim Wong, Tora Sudiro, Irfan Hakim, Reza Rahadian, dan lainnya.

Dalam thumbnail terdapat foto mobil ringsek dan keranda jenazah berkain hijau yang sedang disalatkan. Terdapat pula foto Ashanty dan Aurel Hermansyah yang sedang menangis.

Anang Hermansyah. (Instagram)

Lantas, benarkah klaim video tersebut? Apakah Anang Hermansyah meninggal dunia usai kecelakaan di Bekasi? Simak hasil cek fakta berikut ini.

Penjelasan

Setelah ditelusuri, narator dalam video tersebut membicarakan kasus kecelakaan motor dengan korban bernama Anang. Bukan Anang Hermansyah, korban meninggal dalam kecelakaan itu bernama Anang Puji yang merupakan warga Bekasi.

Tidak ada sama sekali pembahasan yang menyangkut Anang Hermansyah dalam video tersebut.

Sementara Anang Hermansyah sampai sekarang masih aktif di media sosial. Pada 5 jam lalu, Anang membagikan videonya saat olahraga menggunakan treadmill.

CEK FAKTA: Benarkah Anang Hermansyah Meninggal Dunia Usai Kecelakaan di Bekasi? (YouTube)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, klaim video yang menyatakan Anang Hermansyah meninggal dunia adalah salah atau hoaks. Video ini termasuk konten dengan koneksi yang salah.

Itulah hasil cek fakta soal video dengan narasi yang mengklaim Anang Hermansyah meninggal dunia usai kecelakaan yang ternyata tidak benar atau hoax. (Suara.com/ Tiara Rosana)

 

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini.

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Asnawi Mangkualam Resmi ke Real Madrid Usai Tampil Apik, Benarkah?