Rabu, 19 Juni 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 12 Mei 2023 | 17:51 WIB

Hitekno.com - Setelah hanya tersedia untuk pengguna terbatas, chatbot berbasis AI milik Google, Bard akhirnya meluncur ke publik. Google Bard kini sudah tersedia di 180 negara.

Bard hadir sebagai pesaing ChatGPT yang sebelumnya telah populer. Sebagai informasi, ChatGPT merupakan chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI.

Developer ChatGPT mendapatkan dana fantastis dari Microsoft. Tak ingin kalah dengan Microsoft yang baru saja menyelesaikan waitlist alias daftar tunggu untuk Bing, Google akhirnya melakukan hal serupa dengan meluncurkan kembali Bard besutannya. ChatGPT ini dirilis pada konferensi Google I/O, Rabu (10/5).

Kini, Bard akan tersedia untuk beberapa pengguna di 180 negara. Teknologi ini hadir dalam bahasa Inggris, Jepang dan Korea.

Laporan Digital Trend, Google Bard merupakan sebuah chatbot AI dengan banyak fungsi yang sama secara teoritis pada akhirnya dapat menjadi penambah alat pencarian Google.

Ilustrasi Google Bard. (Google)

Serta, memberi dukungan otomatis dan interaksi seperti manusia untuk bisnis.

Bard sendiri telah dikembangkan selama beberapa tahun menggunakan teknologi LaMDA. Merupakan sebuah model bahasa untuk aplikasi Dialog.

Chatbot ini dibangun berdasarkan artsitektur jaringan saraf dari Google Transformer. Dimana merupakan basis bagi alat generatif yang sama untuk model bahasa GPT-3.5 dari ChatGPT.

Beberapa rumor menyatakan bahwa Bard dilatih menggunakan data ChatGPT tanpa izin. Namun, rumor tersebut langsung dibantah oleh perusahaan.

Dikutip dari Gadgetdiva.id (jaringan Suara.com), CEO Google Sundar Pichai menyatakan bahwa Bard akan segera diperbarui supaya dapat lebih kompetitif dari ChatGPT. Dia menyebutnya sebagai “civic yang ditingkatkan dibandingkan dengan ChatGPT”.

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Sebagai langkah agar dapat diakses oleh lebih banyak pengguna internet, Bard telah tersedia pada beberapa produk Google. Di antaranya ialah Google Docs dan Google Sheets.

Cara Menggunakan Google Bard

Melansir dari ZDNet, untuk menggunakan chatbot Google Bard ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.

Pertama, buka laman Google Bard terlebih dahulu dan lakukan login menggunakan email-mu. Yakni, dengan membuka situs Bard.Google.com.

Setelah kamu membuka lamannya, Anda akan langsung diarahkan menuju jendela obrolan. Fitur ini telah dioptimalkan agar pengguna lebih mudah menavigasinya.

Kemudian, masukkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan pada Google Bard. Lalu, kirimkan ke chatbot untuk melihat responsnya.

BACA SELANJUTNYA

Universitas Indonesia dan Yandex Gelar Seminar AI yang Komprehensif