Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Mei 2023 | 18:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika atau PLT MenkominfoMahfud MD izinkan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mengusut kasus korupsi BTS di Kementerian Kominfo.

Mahfud MD ditunjuk sebagai PLT Menkominfo, setelah Menteri Kominfo Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung dalam kasus korupsi BTS.

"Saya membuka diri, sudah menghubungi Kejaksaan Agung, silakan saja kalau perlu informasi apa, memeriksa apa dan siapa dari Kominfo dipersilakan agar kasus itu menjadi selesai," kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). 

Mahfud turut bercerita soal korupsi BTS yang dilakukan Menteri Kominfo Johnny G Plate. Menurutnya proyek pembangunan tahap satu BTS 4G itu memerlukan dana Rp 10 triliun yang seharusnya selesai Desember 2021.

Proyek itu kemudian diperpanjang lagi hingga Maret 2022. Akan tetapi dana yang digunakan hanya sebesar Rp 2,1 triliun. 

"Jadi keluar dana Rp 10 koma sekian T, seharusnya selesai itu bulan Desember tahun 2021. Diperpanjang sampai Maret sesudah itu lapor. Ternyata yang riil digunakan itu dari barang yang ada Rp 2,1 T kira-kira," papar dia. 

"Jadi yang Rp 8 koma sekian triliun itulah yang sekarang menjadi basis pemeriksaan secara hukum oleh Kejaksaan Agung. Itu saja, yang lain-lain jalan," lanjutnya lagi. 

Menkopolhukam Mahfud MD saat konferensi pers pertama sebagai PLT Menkominfo yang menggantikan Johnny G Plate di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). [Suara.com/Dicky Prastya]

Kendati begitu Mahfud MD memastikan kalau proyek pembangunan BTS tetap bergulir. Sebab proyek yang sudah berlangsung selama 14 tahun bakal merugikan negara jika tidak dilanjutkan.  

"Sekarang masih diusahakan untuk dilanjutkan karena itu proyek multi years yang sudah berlangsung 14 tahun dan kalau tidak diteruskan ya rugi," tutur Mahfud MD. 

Lebih lanjut, dia menyebut kalau proyek itu bakal diteruskan sebagai bagian dari strategi kebijakan nasional pemerintah di bidang komunikasi dan informasi dengan teknologi canggih dan mutakhir. 

Sebelumnya Presiden Jokowi telah menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan kursi Menkominfo. Ia menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk menjadi Plt Menkominfo.

"Dalam rangka meningkatkan efektifitas kinerja dan menjamin kelancaran tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sampai pengangatan Menkominfo definitif," demikian yang tertulis dalam Keppres 41/P yang diteken di Jakarta pada Jumat (19/5/2023) kemarin.

Setahun menjelang berakhirnya masa bakti, Penyidik Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung pada Rabu (17/5) menetapkan Johnny sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan BTS BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika periode 2020-2022. Kejagung mengumumkan kerugian negara akibat korupsi itu mencapai Rp8,32 triliun. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Proyek Dikorupsi Menkominfo, Ketahui Apa Fungsi Penting BTS