Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 22 Mei 2023 | 19:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kripto Bitcoin (BTC) sempat menembus 30 ribu dolar AS pada bulan lalu meski melemah di awal Mei. Laporan terbaru mengungkap bahwa terdapat Whale yang "bermanuver" dan membeli BTC senilai puluhan triliun rupiah.

Sebagai informasi, istilah Whale dalam dunia kripto mengacu pada pemilik akun (baik individu atau organisasi) yang mempunyai aset dalam jumlah besar (melebihi rata-rata akun lain).

Manuver atau pembelian dalam jumlah besar oleh Whale kemungkinan juga akan memengaruhi harga pasar.

Terdapat lonjakan akuisisi oleh para Whale, yang beraksi dalam dunia cryptocurrency, setara Rp34,6 triliun.

Entitas dengan kekayaan yang melimpah ini, yang dikenal karena memiliki antara 1.000 hingga 10.000 Bitcoin, telah mengumpulkan tambahan aset senilai US$2,32 miliar dari mata uang kripto ini dalam waktu sedikit lebih dari sebulan.

Ilustrasi Bitcoin. (Pixabay/MichaelWuensch)

Menurut laporan Crypto Globe, perusahaan analisis blockchain Santiment, para Whale ini, yang memiliki aset senilai antara US$27 juta hingga US$270 juta dari cryptocurrency terkemuka, telah beraksi mengumpulkan sejumlah besar BTC dalam periode lain di masa lalu.

Tren akumulasi serupa dari paus BTC pada awal tahun ini, menurut Santiment, diikuti oleh kenaikan harga mata uang digital sebesar 34 persen.

Dikutip dari Blockchainmedia.id (jaringan Suara.com), akumulasi token oleh paus dapat menjadi sinyal kepercayaan bagi pasar dan membantu harga cryptocurrency naik dengan membantu mengurangi pasokan yang tersedia di bursa.

Lebih lanjut menguatkan sinyal bullish, trader kripto terkenal Ali menyoroti bahwa dalam satu hari, lebih dari 20.000 Bitcoin, setara dengan lebih dari US$546 juta, ditarik dari dompet-dompet di bursa kripto terpusat.

Ketika BTC dipindahkan dari bursa dan dipindahkan ke dompet yang mengawal dana mereka sendiri, ini mengurangi pasokan yang tersedia di pasar.

Ini mengurangi likuiditas, yang dapat menyebabkan kenaikan harga jika permintaan tetap kuat atau meningkat karena pembeli harus bersaing untuk mendapatkan Bitcoin yang tersedia dalam jumlah yang lebih sedikit.

Efek kelangkaan ini dapat mendorong kenaikan harga karena pembeli bersedia membayar premi untuk mendapatkan Bitcoin yang terbatas, yang pada akhirnya mendorong nilai pasar cryptocurrency tersebut lebih tinggi.

Seperti yang dilaporkan oleh Crypto Globe, adopsi Bitcoin terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir dengan peningkatan jumlah total alamat unik yang memegang setidaknya satu BTC mencapai rekor baru di atas angka satu juta.

Rekor baru ini ditetapkan pada tanggal 12 Mei dan menunjukkan minat yang semakin besar dalam cryptocurrency utama ini karena akumulasi terus berlanjut.

Pada saat penulisan, jumlah alamat yang memegang satu BTC utuh, sering disebut sebagai alamat “wholecoiner“, telah mencapai 1.000.527. Pada tanggal 2 Februari, angka tersebut melampaui angka 800.000 koin.

BACA SELANJUTNYA

Untung Puluhan Juta Dolar, Whale SHIB Transfer Token ke Exchanger