Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 25 Mei 2023 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Univesitas Gunadarma sebagai perguruan tinggi dengan Akreditasi A, terus berupaya melakukan terobosan terbarukan dan mengikuti perkembangan zaman untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Hal ini pun dilakukan Universitas Gunadarma yang berkolaborasi dengan berbagai mitra baik bidang akademik maupun Industri untuk mengembangkan perangkat teknologi maju. Bersama perguruan tinggi Université de Bourgogne, Perancis mengembangkan chip (integrated circuit) untuk menjalankan sebuah algoritma, ataupun kerjasama dengan Industri seperti dengan PT. Sari Teknologi mengembangkan produk berbasis Robot, sepert RoboVent (alat Resusitator Emergency berbasis Ambubag), RoboHelm, Roxi (Robot Oxygen Generator), RoboVio (Robot Ultra Violet) dan juga dengan PT. MRT untuk mengembangkan robot surveilen dan promosi. dengan mengambil langkah awal dalam upaya menciptakan terobosan robot pintar yang sudah diluncurkan di stasiun MRT Lebak Bulus GRAB, Jakarta Selatan (22/12/2022) lalu.

Sejalan dengan peluncuran tersebut, Universitas Gunadarma sebagai institusi pendidikan berkomitmen membentuk pemuda yang berkualitas dan berintegritas. Peluncuran robot pintar menjadi pilihan yang tidak terelakkan memberikan semangat baru bagi kampus salah satunya dalam berinovasi teknologi guna memberi peluang peningkatan produktivitas yang bersifat inklusif menunjang kebutuhan masyarakat luas. Dekan Fakultas Teknologi Industri Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, Ssi.SKom,MSc mengatakan, robot pintar disimulasikan untuk memberikan informasi dan bisa bergerak bebas dibekali dengan teknologi otonomus sehingga dapat melakukan survei dan analisis kebutuhan bagi penumpang MRT.

"Tujuan hadirnya robot pintar ini untuk melihat berapa besar ketertarikan dan intensi calon penumpang dalam mencari informasi terkait perjalanan mereka. Sehingga dapat melihat efektivitas robot dalam memberikan bantuan guides atau panduan perjalanan penumpang dan dapat memberikan analisisnya. Selain itu, robot pintar dirancang tidak hanya mampu mengendalikan arah atau tempat yang harus dilalui penumpang namun dapat menganalisis kondisi lingkungan sekitar, " jelas Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, Ssi.SKom,MSc.

Bahkan Adang Suhendra menjelaskan, robot pintar dapat membantu mendeteksi karakteristik dan behavior penumpang yang bisa tampak dari analisis gerakan-gerakan tubuh. Salah satu yang terlihat ketika penumpang tertarik dia akan  melakukan berinteraksi, ketika dia tidak tertarik dia akan berjalan. "Artificial intelligence (AI) tidak saja untuk pergerakan tetapi bisa digunakan untuk menganalisis terhadap tingkah laku, terhadap ketertarikan, atau pergerakan robot pintar ini. Selanjutnya hasil akhir mengenai seberapa efektivitas dapat membantu para penumpang memperoleh informasi serta dapat membantu tim marketing untuk meningkatkan produk-produk perusahaan yang diiklankan, " kata Adang Suhendra.

Lebih lanjut, peluncuran robot pintar ini menjadi bagian dari sumbangsih dunia pendidikan tinggi yang harus menjadi bagian terdepan dalam menyongsong masyarakat dan peradapan pascapandemi yang salah satu realitasnya ditandai dengan pengembangkan teknologi dan digitalisasi dalam perkuliahan.

Senada dengan itu, Head of customer engagement Division PT MRT Jakarta (Perseroda), M.Iqbal Bimo Arifianto mengungkapkan alasan pentingnya PT MRT Jakarta memerlukan teknologi robot adalah untuk inovasi yang terus dikembangkan menjadi digital transportasi dengan analisis dari pengalaman penumpang yang ada.

"Kita bisa mendapatkan data survei dan analisis dari kebutuhan penumpang, kemauan dan behavior penumpang, sehingga kedepannya bisa berkaca ke arah tranportasi Jepang atau Singapura. Penerapan minim human touch dan semuanya serba teknologi dan digital, robot ini akan membantu kita kearah sana, " jelasnya saat softlaunching robot pintar di Jakarta. (22/2/2022).

Diharapkan kedepan peralatan robot ini akan dipasangkan diseluruh stasiun-stasiun MRT, tentu saja diberbagai tempat seperti bandara hingga stasiun kereta. Apabila efektivitas ini sudah mampu teruji dapat membantu masyarakat Indonesia untuk memperoleh informasi.

"Kemajuan teknologi digital menjadi salah satu fokus karena robot ini adalah produk buatan Indonesia, jadi kita perlu bangga sebagai bangsa Indonesia sudah mampu membuat sebuah robot yang mampu memberikan berbagai kemajuan dan proses menganalisis data. Kedepan teknologi informasi, terbarukan dan terkinikan dibidang robotika dan FA, berkembang dengan cepat di Indonesia melalui Universitas Gunadarma dan PT Sari Teknologi serta seluruh masyarakat yang bisa membantu, " kata Adang Suhendra lebih lanjut.

Partisipasi Universitas Gunadarma di bidang teknologi maju dimulai dalam peluncuran robot pintar ini dan dengan begitu UG telah menyatakan diri sebagai kampus berwawasan yang berkelanjutan. Berbagai mata kuliah yang mendukung mahasiswa UG dalam pengembangan skill guna menciptakan tangan-tangan terampil dan kompeten dalam bidang teknologi industri dan digitalisasi, seperti di program studi teknik industri, teknik mesin, teknik elektro, sistem informasi, sistem komputer serta informatika.

BACA SELANJUTNYA

NASA Siap Kirim Robot Ular untuk Selidiki Adanya Kehidupan di Satelit Saturnus