Minggu, 16 Juni 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 14 Juni 2023 | 15:26 WIB

Hitekno.com - Di media sosial ramai beredar partai politik atau parpol mempromosikan diri di hadapan publik jelang Pemilu 2024. Bahkan beberapa parpol punya lagu sendiri atau jingle yang dinyanyikan kadernya sambil bergoyang. Aksi-aksi ini kemudian menjadi viral dan menuai berbagai reaksi.

Beberapa parpol yang jingle-nya belakangan viral di media sosial antara lain dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga terbaru Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun nyatanya aksi para kader parpol ini bernyanyi sambil bergoyang menuai kritik dari warganet, bahkan ada yang menganggap 'cringe'.

PAN

PAN sempat jadi sorotan karena memiliki bacaleg berprofesi artis terbanyak dibanding parpol lain. Setidaknya ada 60 pesohor Tanah Air yang bergabung jadi bacaleg PAN tahun ini. Maka tak heran, partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini kerap disebut sebagai Partai Artis Nasional.

PAN punya cara untuk mempromosikan diri, salah satunya dengan dengan mengajak para kader dari kalangan pesohor tanah air untuk tampil bersama sembari menyanyikan lagu PAN 12 Terdepan Bantu Rakyat.

"Pan Pan Pan Selalu Terdepan Pan Pan Pan Pasti Ada Harapan Pan Pan Pan Hidup Semakin Mapan Pan Pan Pan Bareng Zulkifli Hasan," bunyi penggalan lirik PAN 12.

Dalam video viral, tampak beberapa pesohor Tanah Air sedang membuat video clip menyanyikan lagu sambil bergoyang. Di antara sosok yang tertangkap kamera adalah Verrell Bramasta, Eko Patrio, Lutfi Agizal hingga Uya Kuya.

PDIP

Tak mau kalah, PDIP juga punya lagu 'Teng Teng Teng'. Video clip jingle PDIP ini juga viral di media sosial.

"Teng Teng Teng Teng Nyoblos Gambar Banteng Tua, Muda, Desa, dan Kota Guru, Tani, Santri, dan Kyai Youtuber, Artis, dan Orang Baik Nyoblos Gambar Banteng," bunyi petikan lirik lagu dari parpol berlogo banteng itu.

PKS

Selain dua parpol tersebut, ada PKS yang menciptakan goyangan "Go PKS Go". Tampak dalam video yang viral, para kader bergoyang sembari senam diiringi dengan suara lagu 'Go PKS Go'.

Malah Cringe?

Adu jingle parpol dalam mengenalkan kadernya untuk Pileg 2024 itu juga disoroti oleh akun @tvindonesia***. Cuitan akun ini soal jingle-jingle parpol mendapat beragam komentar dari warga Twitter. 

Bahkan ada beberapa netizen yang membandingkan jingle-jingle itu dengan Mars Perindo yang dinilai lebih baik. Namun ada juga netizen yang mengganggap hal itu sebagai komedi atau hiburan.

"Dari semua ini gue lebih milih mars Perindo, biar gue gak into sama parta nya seenggaknya ada wibawanya, daripada bikin modelan gini buat ng- reach 'anak muda' tapi jatuhnya cringe," ucap akun @ore***.

"Setelah melihat semua kekocakan partai partai itu, ternyata mars Perindo masih telihat lumayan," sambung akun @kopi***. 

"Gua kalau liat hal-hal malu maluin gini merinding sendiri dah wkwk," ucap akun @krim***.

"Dan sebentar lagi akan ada lomba joget antar partai wkwkw," seru akun @lu***.

"Serius nanya, ini bikin parodi gini maksudnya apa ya? Bukannya orang yang waras lebih pengen lihat gagasan dari parpol, bukan goyang gk jelas-jelas," ucap akun @fajar***.

BACA SELANJUTNYA

Heboh Potret Lempar Kursi di Kongres PAN, Netizen Malah Dijadikan Stiker