Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 21 Juni 2023 | 09:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belakangan ini, sedang hangat diperbincangkan sebuah video yang viral di TikTok yang menampilkan seorang anak kecil sedang mendapatkan teguran dari orang tuanya karena terlibat dalam aktivitas Roleplay atau yang lebih dikenal sebagai RP. Apa akibat dari permainan Roleplay ini di TikTok?

Dalam video tersebut, terlihat seorang anak berusia 11 tahun sedang melakukan roleplay dengan seseorang yang tidak dikenal melalui internet. Terdapat beberapa risiko yang dapat muncul ketika anak bermain roleplay ini, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan Game Roleplay di TikTok?

Sebagai penjelasan, game roleplay adalah jenis permainan di mana setiap peserta mengambil peran sebagai karakter yang umumnya berada dalam setting fiksi ilmiah dan berinteraksi dalam dunia virtual.

Dilansir dari Suara.com, roleplayer bisa terhubung sesama roleplayer melalui fitur RP TikTok dengan saling follow. Mereka bisa membuat video dengan menirukan tokoh idolanya mereka.

Dampak Game Roleplay Bagi Anak

Dibalik keseruannya, game roleplay ini bisa berdampak buruk bagi anak-anak, salah satunya berimbas kepada aksi pornografi. Tak hanya itu, anak juga bisa menjadi korban Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

Konten kekerasan ini dapat mempengaruhi emosi dan kesehatan mental anak-anak. Hal ini tidak sesuai usia, konflik yang intens atau karakter dengan sikap negatif dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku anak-anak di dunia nyata.

Bagi dampak kesehatan, roleplay dapat membuat ketagihan pemain dan dapat mengganggu tanggung jawab di kehidupan nyata. Pemain bisa ketagihan bermain dan menghabiskan banyak waktu untuk bermain hingga berjam-jam lamanya. Dengan kecanduan ini, pemain juga sulit untuk menghentikannya dan menarik diri dari game tersebut.

Bermain roleplay ini bisa mengakibatkan anak-anak menghabiskan waktu terlalu banyak di depan layar dan mengurangi partisipasi dalam aktivitas fisik yang penting untuk kesehatan. Ketergantungan ini bisa mengganggu tidur yang cukup, kegiatan sekolah, dan interaksi sosial di dunia nyata.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari game roleplay, tentu orang tua harus memberikan pemahaman dan edukasi kepada anak saat menggunakan media sosial untuk menghindari penyebaran konten sensitif, ujaran kebencian, hingga kejahatan di dunia maya.

Demikian ulasan mengenai bahaya game roleplay di TikTok yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu!

Suara.com/Muhammad Zuhdi Hidayat

BACA SELANJUTNYA

Profil dan Biodata Codebluuuu Tiktok yang Viral Ribut dengan Farida Nurhan