Rabu, 24 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Rabu, 02 Mei 2018 | 15:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mungkin tak ada satupun orang yang selamat ketika kena hantaman meteorit, tapi tidak dengan seorang wanita bernama Ann Hodges.

Seperti dilansir dari Daily Mirror, seseorang terbunuh gara-gara asteroid atau benda asing dari luar angkasa mungkin hanya terjadi 7.000 tahun sekali.

Dan, pada 30 November 1954, Ann Hodges, wanita asal Talladega County, Alabama, Amerika Serikat, menjadi salah satu korbannya.

Namun anehnya, batu luar angkasa tersebut tidak membuatnya terbunuh. Dia selamat dan menjadi pesohor dadakan usai kejadian tersebut.

Meski begitu, peristiwa tersebut tidak juga membawa keberuntungan baginya, malah kesialan.

Dia harus berurusan dengan hukum, hingga akhirnya pernikahannya hancur dan kesehatan mental perempuan tersebut menjadi terganggu.

Malah, Ann meninggal sebatang kara di panti jompo dua dekade setelah peristiwa nahas tersebut.

Peristiwa tersebut berawal ketika Ann yang saat itu berusia 32 tahun sedang tidur siang saat terbangun gara-gara sebongkah batu hitam jatuh.

Batu seberat 9 pon tersebut jatuh dari langit ke kota kecil Oak Grove dekat Sylacauga, menembus langit-langit, dan memantul di radio di sebelahnya.

Kemudian, batu tersebut menghancurkan pinggul kirinya. Wanita itu mengalami memar berukuran besar dan kebingungan dengan kejadian yang menimpanya.

Ibunya, Ida Franklyn, juga ada di rumah pada saat itu.
Mereka bertanya-tanya apakah mungkin sebuah pesawat meledak di udara. Apa lagi yang bisa terjadi? Itu bukan bom pasti.

Ketakutan awal mereka berdua, tetangga mereka, dan pihak berwenang adalah kemungkinan serangan Soviet, karena saat itu adalah era Perang Dingin.

Tetangga yang menyaksikan bola api jatuh mengikuti jejak ke rumah keluarga Hodges, untuk menawarkan bantuan dan memupus rasa penasaran mereka.

Suaminya, Eugene, tiba di rumah dari tempat kerja untuk menemukan halaman depan yang penuh dengan kerumunan warga yang mengintip melalui jendela.

Dia melihat rumahnya dengan lubang besar di dalamnya. Sementara, istri dan ibu mertuanya ketakutan dan bingung.

Dia menelepon seorang dokter dan polisi setempat, dan petugas medis, bersama dengan Kepala Polisi Sylacauga W. D. Ashcraft dan wali kota kota, Ed Howard, berada di depan pintu mereka.

Ann diperiksa secara menyeluruh oleh dokter Moody Jacobs.

Hasilnya: Ann, meskipun sangat memar dan bengkak, baik-baik saja dan tanpa luka parah.

Namun dia menyarankan Ann ke rumah sakit lokal beberapa hari kemudian sehingga dia bisa mendapatkan kepastian kondisinya.

Mencurigai batu itu adalah meteorit, Howard dan Ashcraft membawa batu itu ke geolog lokal George Swindel, yang secara tentatif menegaskannya.

Kemudian pada hari itu, pemerintah setempat menyerahkan meteorit itu kepada Angkatan Udara AS untuk dianalisis.

Peristiwa tersebut menyebar dengan cepat dan rumah Ann dikerubuti oleh publik serta wartawan yang ingin mengetahui ceritanya.

Wartawan dari setiap televisi, radio, dan surat kabar tampaknya ingin mengulik cerita dari orang pertama yang selamat dari serangan meteorit itu

Awalnya, keluarga Hodges mau berbicara tentang kejadian tersebut, namun lama kelamaan privasi mereka pun merasa terganggu.

Telepon berdering terus-menerus. Dan kemudian ada batu dari luar angkasa.

Batu meteorit/Smithsonian



Menurut National Geographic dan pernyataan resmi yang dibuat oleh Alabama Museum of Natural History, lokasi batu itu dipajang, Ann mengklaim itu miliknya.

"Aku merasa meteorit itu milikku," katanya. “Saya pikir Tuhan menginginkannya untuk saya. Setelah semua, aku tersadar! ”

Namun, batu itu bukan miliknya dan rumah tempat mereka tinggal bukanlah milik mereka.

Dia dan suaminya adalah penyewa. Birdie Guy, seorang wanita yang baru saja menjanda yang mengklaim kepemilikan properti atas batu yang sekarang banyak dibicarakan.

Dia menginginkannya untuk dirinya sendiri. Namun, di mana lokasi batu itu? Baik Ann maupun pemiliknya tidak memilikinya.

Intelijen Angkatan Udara AS telah mengirimkannya ke Lembaga Smithsonian untuk pemeriksaan lebih lanjut dan analisis yang lebih dalam.

Mereka percaya itu seharusnya tinggal di sana dan diperiksa untuk waktu yang tidak terbatas, sampai anggota Kongres Alabama Kenneth Roberts terlibat dan memerintahkan mereka untuk mengembalikannya ke keluarga Hodges.

Publik berpihak kepada Ann, tetapi hukumnya tidak.

Induk semang mereka menyewa pengacara dan menggugat mereka karena kepemilikan, bersikeras bahwa batu angkasa itu miliknya, karena itu jatuh di tanahnya.

Ann dan suaminya menyewa pengacara mereka sendiri dan mengancam akan menuntut atas cedera yang dialaminya. Itu benar-benar berantakan.

Halaman mereka terus diisi oleh wartawan, sementara rumah mereka masih memiliki lubang di atap. Guy mengklaim bahwa jika dia berkewajiban untuk memperbaikinya, dia harus memiliki batu itu juga.

Ann hampir di mana-mana di media. Bahkan, Ann menjadi kisah sampul depan di hampir setiap majalah besar.

Pada akhirnya, kedua pihak memutuskan untuk menyelesaikan masalah ini di luar pengadilan.

Keluarga Hodges membeli hak untuk US$500, percaya mereka bisa mendapat untung besar.

Lagi pula, tetangga mereka melakukannya. Julius Kempis McKinney, yang menemukan sepotong kecil batu yang tidak jauh dari rumah mereka di sepanjang jalan, telah membeli sebuah rumah baru dan sebuah mobil dari apa yang dia hasilkan darinya.

Sayangnya, dua tahun telah berlalu dan cerita sepenuhnya tertutup sekarang. Minat publik telah berkurang dan media menjadi hal besar berikutnya.

Mereka menolak tawaran pertama untuk membeli meteorit, dari Smithsonian Institution, karena mereka melihat tawaran itu tidak memadai dan menghina.

Namun, itu adalah satu-satunya pihak yang menunjukkan minat. Tidak ada yang menawarkan untuk membeli batu itu lagi.

Lelah dari segalanya dan kecewa, Ann menyumbangkan meteorit ke Museum Sejarah Alam Alabama, percaya bahwa batu yang jatuh adalah pertanda buruk yang tidak membawa apa pun selain kesusahan dan nasib buruk dalam hidup mereka.

Beberapa orang berpikir Ann dan suaminya tidak cukup diperlengkapi untuk menangani publisitas, yang lain bahwa mereka tidak menggunakan ketenaran mereka untuk berunding dengan media saat itu berlangsung.

Yang pasti adalah mereka hampir tidak mendapatkan apa-apa darinya, dan sementara luka-lukanya sembuh dan kegilaan hilang, pengalaman tentang apa yang telah mereka lalui tetap bersama mereka seumur hidup.

Randy Mecredy, direktur Museum Alabama, memberikan pendapatnya kepada National Geographic: “Hodges hanyalah orang desa sederhana ... semua perhatiannya adalah kejatuhannya. Dia tidak pernah pulih setelah itu."

Tidak dapat mengatasi emosi secara emosional, pasangan ini berpisah pada tahun 1964 setelah Ann mengalami gangguan saraf besar-besaran.

Dengan kesehatannya yang memburuk dan dalam kondisi mental yang rapuh, ia menemukan dirinya di panti jompo, tempat ia meninggal sendirian karena gagal ginjal pada tahun 1972.

Sampai hari ini, Ann Hodges adalah satu-satunya korban yang tercatat dari serangan meteor yang telah hidup untuk memberitahu kisah tersebut.

BACA SELANJUTNYA

AS Disinyalir akan Musnahkan Fasilitas Produksi TSMC Jika China Injakkan Kaki di Taiwan