Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 21 Juni 2018 | 16:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tertawa ternyata dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kinerja pekerjaan, menghubungkan orang secara emosional, dan meningkatkan aliran oksigen ke jantung dan otak.

Banyak yang mengatakan kalau tertawa adalah obat terbaik. Ternyata ada banyak bukti yang memperkuat pernyataan tersebut. Sekarang datang bukti baru yang kuat bahwa tertawa dapat membantu pembuluh darah berfungsi dengan lebih baik.

Berada dalam lapisan pembuluh darah, Endothelium menyebabkan pembuluh darah rileks dan mengembang sehingga meningkatkan aliran darah.

Sumber: Emma Waton Fanclub


Dengan kata lain, tertawa baik untuk jantung dan otak, dua organ yang membutuhkan aliran oksigen yang terbawa dalam darah.

Michael Miller, M.D., dari University of Maryland melaporkan bahwa dalam sebuah penelitian terhadap 20 orang yang sehat, aktivitas tertawa dapat menyebabkan peningkatan kinerja yang baik untuk arteri sama seperti ketika melakukan gerakan aerobik.

Peneliti tidak menyarankan kamu tertawa dan meninggalkan olahraga. Dia menjelaskan agar kamu dapat mencoba tertawa secara teratur setiap harinya.

Sumber: Emma Waton Fanclub


Dikutip dari Psychologytoday, Dr. Miller menjelaskan bahwa Endotelium dapat mengatur aliran darah dan menyesuaikan kecenderungan darah untuk mengental dan menggumpal.

Selain itu Endotelium dapat mengeluarkan berbagai macam bahan kimia sebagai respon terhadap luka, infeksi atau iritasi. Ia juga memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit kardiovaskular.

"Endotelium adalah garis pertama pertahanan dalam perkembangan aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Jadi, mengingat hasil penelitian kami, dapat dibayangkan bahwa tertawa penting untuk mempertahankan endotelium yang sehat. Dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata Dr. Miller.

Dia menambahkan bahwa tertawa mengimbangi dampak tekanan mental yang berbahaya bagi endotelium.

Dr. Miller menawarkan resep sederhana yang tidak akan membuat kamu bangkrut dan dapat menyelamatkan hidup kamu. Tiga puluh menit latihan olahraga setiap tiga kali dalam seminggu dan 15 menit tertawa setiap hari sangat baik untuk sistem vaskular.

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Mengapa Eiichiro Oda Mengambil Cuti selama Sebulan?