Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 25 Juni 2018 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebelum manusia hidup di zaman yang serba modern ini, dahulu manusia pernah menjadi santapan atau buruan hewan-hewan buas. Makhluk yang sudah punah seperti mammoth, singa saber-toothed, dan beruang raksasa merupakan ancaman bagi manusia purba.

Setelah manusia mempunyai kemampuan yang baik dalam membuat rumah sebagai tempat berlidung (bukan di gua sebagai rumah andalan manusia purba) ancaman tersebut bisa dihilangkan.

Sumber: Twitter

Hari ini manusia masih belum sepenuhnya terbebas dari ancaman hewan. Manusia bisa terbunuh karena virus maupun serangan langsung dari hewan di tempat terbuka. Dilansir dari World Atlas, inilah deretan binatang yang paling banyak membunuh manusia tiap tahunnya:

1. Nyamuk

Sumber: Mikadago (Pixabay)

Hewan yang paling berbahaya bagi manusia ternyata bukan predator besar seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Hewan ini juga tak memiliki cakar yang tajam, taring yang besar dan juga auman yang keras.

Serangga kecil yang mengeluarkan bunyi dengungan ini bertanggung jawab atas kematian manusia sebanyak 725.000 kasus kematian per tahun. Kebanyakan kita menganggap mereka tidak lebih dari gangguan di musim panas, tetapi mereka ternyata merupakan hewan paling mematikan.

Penyakit yang ditularkan nyamuk seperti malaria, demam berdarah, penyakit West Nile, demam kuning, dan penyakit Zika menyebabkan penderitaan dan kematian yang meluas.

2. Manusia

Sumber: Twitter

Manusia yang tega membunuh manusia lain tanpa perasaan tak lebih dari seekor binatang. Manusia memliki akal sementara hewan tidak. Namun jika Manusia tidak menggunakan akal maka bisa dikategorikan sebagai hewan.

Sekitar 475.000 orang meninggal setiap tahun di tangan sesama manusia. Kematian tersebut disebabkan karena konflik, perang, pembunuhan, dan aksi terorisme. Jumlah kematian manusia sebesar itu merupakan angka yang terlampau tragis.

3. Ular

Sumber: Twitter

Hewan yang tidak memiliki kaki ini ternyata dapat dengan cepat membunuh mangsanya, termasuk manusia. Ular menduduki peringkat ketiga sebagai hewan paling berbahaya di dunia. Ular membunuh sedikitnya 50.000 orang tiap tahunnya. Gigitan fatal oleh ular berbisa sering kali tidak dilaporkan sehingga angka 50.000 tadi bisa saja bertambah. Pejabat kesehatan masyarakat sering mengabaikan potensi ancaman ini.

4. Anjing

Sumber: Twitter

Banyak yang mengira anjing adalah sahabat terbaik manusia. Mereka akan berpikir ulang jika melihat angka ini. Anjing membunuh 25.000 orang setiap tahun. Kematian ini bukan karena pencuri yang digigit oleh anjing peliharaan rumah tangga namun kebanyakan disebabkan dari anjing liar. Anjing liar yang tersesat dan terinfeksi rabies dapat menyerang orang dan menyebarkan kematian.

5. Lalat Tsetse

Sumber: Twitter

Tiga hewan ini memang berukuran kecil namun mereka telah membunuh puluhan ribu manusia setiap tahunnya. Lalat tsetse tersebar di seluruh Afrika dan membawa parasit yang mematikan. Lalat ini bertanggung jawab atas penyakit tidur yang menyebabkan 10.000 kasus kematian yang dilaporkan setiap tahun.

BACA SELANJUTNYA

Cuma Buat Konten, Gilang Barbie Nekat Dikubur Hidup-hidup dengan Ular