Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 06 Juli 2018 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan dari MIT yang dispnsori oleh Toyota Research Institute menemukan sebuah lompatan baru di dunia robot. Temuan mereka yang dinamakan Robot Cheetah 3 berhasil mengembangkan keterampilan dan navigasi baru yang mengejutkan.

Dalam channel resminya di Youtube, 2 hari yang lalu MIT menunjukkan sebuah video robot Cheetah 3. Robot itu dapat melakukan gerakan-gerakan yang menakjubkan.

Cheetah 3 dapat meregangkan kakinya dan melakukan latihan di treadmill. Kamu juga akan kaget karena robot ini dapat berjalan di lapangan dan memanjat tangga yang dipenuhi dengan penghalang.

Robot empat kaki berwarna hitam tersebut juga dilengkapi kemampuan merespon gangguan dan dapat kembali ke posisinya semula. Lompatan yang disebut dengan "pronk" juga terlihat menarik seolah-olah robot ini terlihat hidup.

Sumber: Youtube.com/ Massachusetts Institute of Technology (MIT) 

Salah satu gerakan fenomenalnya adalah sebuah lompatan tinggi yang mampu melompati meja. Tinggi meja sebesar 76 cm tak menjadi masalah bagi "cheetah" yang satu ini.

Video ini merupakan sebuah penjelasan mengenai kemampuan "blind locomotion". Hardware Cheetah 3 didukung sekumpulan algoritma baru untuk mendeteksi kontak, menyesuaikan gerakan, dan menentukan berapa banyak kekuatan yang digunakan untuk setiap langkah.

Algoritma tersebut juga membantu robot menyesuaikan diri terhadap gangguan yang tak terduga seperti tendangan atau dorongan.

Sumber: MIT

Dilansir dari Cnet, Desainer Cheetah 3 yang bernama Sangbae Kim menjelaskan robot ini kelak akan berguna untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya, kotor, dan sulit termasuk inspeksi pada tempat yang mempunyai aliran listrik tinggi.

"Kami ingin robot lebih mengandalkan informasi sentuhan. Dengan begitu, ia dapat menangani rintangan tak terduga saat bergerak cepat," kata Kim dalam sebuah pernyataan.

BACA SELANJUTNYA

Amazfit Cheetah Series Resmi Rilis, Cek Berapa Harga Smartwatch Ini