Minggu, 25 Juli 2021
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 16 Juli 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa dari kita (khususnya anak kosan), mie merupakan alternatif terakhir ketika tanggal tua. Tak hanya alasan keuangan, banyak dari kita juga hobi makan mie ramen atau mie instan karena rasanya yang enak.

Kita sebenarnya sudah tahu bahwa mie kaya dengan sodium dan bukan pilihan yang cukup sehat untuk digunakan sebagai menu harian.

Dikutip dari Boredomtherapy, selain sodium mie instan dan mie ramen mengandung beberapa kandungan berbahaya salah satunya adalah tersier butylhydroquinone atau dikenal sebagai TBHQ.

Zat tersebut memang berguna untuk memperpanjang umur makanan, namun ada efek yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Sayangnya TBHQ juga ditemukan dalam kosmetik, pestisida, dan berbagai macam varian pernis.

Sumber: Sribu


Salah satu badan resmi Amerika Serikat yang berwenang meneliti makanan atau dikenal sebagai FDA (The Food and Drug Administration) merilis sebuah peringatan kepada para konsumen.

FDA telah memperingatkan orang yang membuat TBHQ agar mereka memproduksi zat tersebut tidak lebih dari 0,02 persen dari konsumsi lemak harian seseorang. Mengonsumsi lebih dari 400 miligram senyawa tersebut dapat berbahaya dari kesehatan.

Jika kamu tidak percaya pada teori tersebut karena hanya kamu anggap sebagai sebuah "teori". Nampaknya kamu harus mempraktekannya dengan melihat video penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Amerika Serikat.

Sumber: Boredomtherapy

Para ilmuwan tersebut memasukkan sebuah "pil pintar" ke dalam tubuh obyek penelitian. Pil tersebut berbentuk seperti kapsul multivitamin dan terdapat kamera kecil di dalamnya.

Pil pintar akan merekam kondisi perut saat memproses makanan khusunya ramen yang dijadikan penelitian.

Meski terlihat lembut, ternyata mie ramen membuat lambung sangat bekerja keras untuk menggilingnya. Video penelitian tersebut telah ditonton lebih dari 14 juta orang dan terus bertambah.

Jika kamu penasaran berikut video penelitian tentang efek makan mie ramen di dalam lambung:

(Sumber: Youtube.com/ Jazzy Smith)