Rabu, 08 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 18 Juli 2018 | 12:43 WIB

Hitekno.com - Ketika ular piton banyak dibunuh di Indonesia karena menelan manusia, di luar negeri ular piton justru diselamatkan. Seekor ular piton bodoh memakan boneka sapi di Australia sehingga membutuhkan operasi agar hewan tersebut selamat.

Seekor scrub python atau di Indonesia dikenal sebagai ular sanca permata, berhasil dioperasi seminggu yang lalu oleh dokter hewan di Australia.

Ular piton tersebut dibawa ke rumah sakit Marlin Coast Veterinary di Australia setelah sebelumnya memakan seekor boneka sapi.

Sumber: Facebook.com/ Marlin Coast Veterinary Hospital

Sebuah keluarga melihat reptil sebesar 2 meter memakan mainan boneka sapi milik putri mereka. Setelah ditangkap oleh Miss Hiss Reptiles, hewan itu segera dibawa ke rumah sakit untuk kemudian dioperasi.

Mainan bernama "Moo" itu harus dikeluarkan mengingat hal itu bisa berbahaya bagi pencernaan sang ular.

"Kami langsung tahu bahwa makanan itu merupakan boneka, tonjolan di tengah-tengah ular seukuran ayam. Bagus mereka mengawasinya, kalau tidak kita tidak akan tahu itu mainan dan itu bisa saja merugikan," kata Anne dari Miss Hiss Reptiles.

Dr. Peter Barrat berhasil mengeluarkan mainan boneka dari perut ular dan mengatakan "jangan khawatir" pada halaman Facebook Marlin Coast Veterinary Hospital.

Sumber: Facebook.com/ Alex Maher

"Kami sangat menyesal karena Sapi tidak bisa dihidupkan kembali untuk putri Anda, tetapi terima kasih telah memanggil Miss Hiss Reptiles agar ular ini bisa diselamatkan," tulis rumah sakit di akun Facebook mereka.

Menurut komunitas reptil setempat, kasus piton memakan boneka sapi termasuk jarang dalam 20 tahun terakhir.