Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 19 Juli 2018 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan telah menemukan mineral alien di lokasi jatuhnya meteor prasejarah di Isle of Skye Skotlandia.

Ahli geologi dari Birbeck, University of London memeriksa batuan vulkanik di Skye dan melihat bentuk-bentuk mineral belum pernah ditemukan di Bumi sebelumnya.

Temuan para ilmuwan telah dipublikasikan dalam jurnal GeoScienceWorld. Secara khusus, tim menemukan osbornite yang sebelumnya telah dikumpulkan sebagai debu angkasa pada misi NASA.

Dilansir dari Nypost, para ilmuwan tersebut awalnya mengira mereka menemukan deposit aliran vulkanik yang disebut ignimbrite.

Namun ketika mereka meneliti menggunakan microprobe elektron, mereka menemukan materi luar angkasa yang sangat langka atau sering disebut mineral alien.

Pecahan Meteorit yang Mengandung Mineral Alien(Sumber: Ancient Origins)

"Ketika kami menemukan materi apa itu, kami sangat terkejut dan itu sedikit mengejutkan karena kami tidak mengharapkan itu," kata Dr Andy Beard dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti sedang memeriksa dasar aliran lava berusia 60 juta tahun ketika mereka menemukan osbornite tersebut. Bentuk mineral tersebut tidak meleleh ketika diamati lebih lanjut menggunakan suhu panas.

Para ahli geologi mengatakan bahwa materi tersebut adalah potongan asli meteorit.

Pesawat ruang angkasa Stardust NASA menemukan osbornite yang kaya vanadium di jalur luar angkasa yang dilalui komet pada 2004. Stardust mengumpulkan debu angkasa yang mengambang di jalur komet Wild 2 berusia 4,5 miliar tahun.

Peneliti menyebutnya sebagai mineral alien. Hal itu dikarenakan mineral yang ditemukan di meteorit itu sangat langka dan sebelumnya belum pernah ada di Bumi.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa aktivitas meteorit bisa menjadi pemicu kehidupan di Bumi. Mineral alien bisa menjadi penemuan penting untuk mengawali penelitian-penelitian tentang kehidupan asing di luar angkasa.

BACA SELANJUTNYA

Luncurkan Satelit Canggih, China Siap Kuak Rahasia Matahari