Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 23 Juli 2018 | 15:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Suami artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawangsa, baru-baru ini terjerat kasus suap untuk bisa mendapat sel tahanan yang nyaman dan super mewah.

Lapas Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat memberi perlakuan khusus bagi para napi koruptor untuk bisa bergerak bebas selama ditahan bahkan bisa mengubah ruang penjara semewah apartemen.

Untuk para napi berkantong tebal, hal ini tentu bukan masalah walau harus melanggar aturan dan mengeluarkan biaya fantastis.

Tidak jera, deretan napi ini mencoba melakukan kejahatan lagi di balik jeruji besi.

Kondisi penjara yang tidak nyaman atau minim fasilitas membuat banyak napi melakukan hal tersebut.

Padahal, penjara harusnya menjadi tempat hukuman yang sebanding dengan kejahatan yang mereka lakukan.

Walaupun penjara identik dengan suasana dingin dan mencekam sekaligus seram, beberapa penjara di luar negeri bahkan hadir dengan tampilan yang tidak biasa dan terbilang mewah. Walaupun beberapa di antaranya juga ada yang terlihat tidak manusiawi.

Berikut tim HiTekno rangkum untuk kamu nih.

1. Penjara San Miguel, El Salvador. Terlihat seperti di film-film ya. Penjara seperti ini, terlihat sangat tidak manusiawi.

Penjara di Seluruh Dunia/The Independent

2. Penjara Maula di Malawi. Para tahanan di penjara ini harus berbagi 1 toilet per 120 orang, dan hanya diberi makan satu kali sehari lho.

Penjara di Seluruh Dunia/Bhekisisa

3. Penjara Cartagena, Colombia. Penjara khusus wanita ini terlihat sangat nyaman ya. Malah seperti kamar pribadi kamu.

Penjara di Seluruh Dunia/Newsdeeply

4. Penjara Norgerhaven, Belanda. Rendahnya angka kriminal di Belanda membuat penjara di sana mengalami krisis. Padahal penjaranya sangat mewah ya.

Penjara di Seluruh Dunia/The Irish Times

5. Penjara Aranjuez, Spanyol. Pemerintah Spanyol membuat penjara yang menyerupai suasana rumah. Hal ini dilakukan agar anak-anak yang melakukan kunjungan, tidak menyadari jika orang tuanya sedang dihukum di penjara.

Penjara di Seluruh Dunia/Gulf News

6. Penjara HMP Addiewell, Skotlandia. Penjara yang sekilas mirip kabin pesawat ini walaupun memiliki ukuran kecil, namun terlihat sangat rapi dan bersih ya.

Penjara di Seluruh Dunia/Takepart

Deretan penjara dari seluruh dunia di atas memang terlihat nyaman, walaupun ada beberapa yang juga terlihat tidak manusiawi.

Namun, penjara sudah seharusnya menjadi tempat merenung dan memperbaiki diri. Bukan malah semakin membuat kejahatan. Setuju guys?

BACA SELANJUTNYA

Foto Nadiem Makarim Terima Suap Viral, Netizen Malah Ikutan Iri