Rabu, 02 Desember 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 26 Juli 2018 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Sauropoda berleher raksasa merupakan kelompok dinosaurus ikonik yang berbeda dengan kawanan dinosaurus lainnya. Ahli paleontologi baru saja menemukan sebuah spesies dinosaurus baru yang diberi nama Lingwulong Shenqi atau Dinosaurus Naga.

Mereka mendefefinisikan spesies baru tersebut menggunakan tujuh hingga sepuluh kerangka parsial dari empat situs penggalian terpisah di Cina.

Para peneliti menemukan bahwa klasifikasi Lingwulong termasuk keluarga Diplodocid. dilansir dari Gizmodo, mereka menuliskan makalah penelitiannya di Nature Communication pada hari Selasa lalu.

Sumber Ilustrasi: Zhang Zongda

Secara khusus dinosaurus ini kelihatan seperti Dicraeosaurid, Sauropoda kecil dengan leher sedikit lebih pendek dan serangkaian duri tajam menonjol dari tulang belakang mereka. Duri-duri besar tersebut terbuat dari tulang yang dapat menolong mereka dari ancaman predator.

Lingwulong Shenqi merupakan nama yang diberikan dari bahasa Mandarin. Lingwu adalah tempat dimana dinosaurus tersebut ditemukan dan Long berarti "naga" dalam bahasa mandarin. Shenqi dapat diartikan sebagai "luar biasa".

Fosil baru tersebut berasal dari 174 tahun yang lalu dan menjadikan Dinosaurus Naga itu sebagai Neosauropoda yang paling awal dikenal. Neosauropoda termasuk salah satu spesies dinosaurus terbesar yang pernah dikenal. Ukurannya yang besar hampir sama seperti Titanosaur, Diplodocus, Brachiosaurus, dan lain-lain.

Fosil Dinosaurus Naga
(Sumber : Xu Xing)

Keberadaan Neosauropod seperti Lingwulong yang ditemukan sebelum Pangea terpecah menentang teori yang ada sebelumnya. Penelitian yang ada sebelumnya menunjukkan Neosauropoda berkembang dari antara 163 juta dan 145 juta tahun yang lalu, pada periode Jurassic akhir.

Namun Lingwulong ditemukan sekitar 174 juta tahun yang lalu menunjukkan bahwa Neosauropoda berkeliaran di Pangea lebih awal, pada masa Jurassic pertengahan.

Panjang Lingwulong berukuran 11 hingga 17 meter dan bergerak cukup lambat dalam kawanan. Penemuan tentang Dinosaurus Naga ini sangat menarik dan membantu para peneliti lainnya meneliti ulang mengenai kapan tepatnya keberadaan Neusaropoda.

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Fosil Burung Misterius, Diduga Hibup dengan Dinosaurus