Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI) kini dapat membaca kepribadian lewat mata. Teknologi AI ini telah dibuktikan dalam sebuah proyek gabungan antara University of South Australia dan Universitas Stuttgart.

Dalam proyek gabungan ini menggunakan teknologi AI dan memantau pergerakan mata dari 42 peserta, digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Pelacak mata ini berbasis video dari sensor motoric instruments.

Dari "lima besar" ciri-ciri kepribadian yang terdiri dari openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism, teknologi AI mampu mengidentifikasi empat ciri dari lima daftar tersebut.

Menurut penelitian, ini adalah pertama kalinya gerakan mata digunakan untuk mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian seseorang. Apalagi dengan teknologi AI untuk membaca kepribadian seseorang.

"Ada potensi penemuan ini untuk meningkatkan interaksi antara manusia dan mesin. Orang-orang selalu mencari layanan yang ditingkatkan dan dipersonalisasi. Namun, robot dan komputer saat ini tidak disadari secara sosial, sehingga mereka tidak dapat beradaptasi dengan isyarat non-verbal. Penelitian ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan robot dan komputer sehingga mereka dapat menjadi lebih alami dan lebih baik dalam menafsirkan sinyal sosial manusia," jelas Dr Tobias Loetscher dari University of South Australia.

Dilansir dari laman resmi University of South Australia, Dr Tobias Loetscher pun mengatakan, berkat pendekatan machine learning ini para ilmuwan tidak hanya memvalidasi peran kepribadian dalam menjelaskan gerakan mata dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga mengungkapkan karakteristik gerakan mata yang baru sebagai prediktor ciri-ciri kepribadian.

Perkembangan teknologi AI memang sangatlah pesat. Apalagi dengan proyek Ai ini yang bisa membaca kepribadian seseorang.

Tulisan mengenai teknologi AI untuk membaca kepribadian ini telah dimuat di Suara.com dengan judul Kini AI Bisa Identifikasi Kepribadian Anda Lewat Mata.

BACA SELANJUTNYA

Apa yang Bisa Dilakukan AI pada Samsung Galaxy S24 Series