Rabu, 04 Agustus 2021
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Agustus 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah tim ilmuwan mengklaim telah berhasil membalik proses penuaan yang terjadi dalam sel manusia. Ini menjadi langkah awal dalam pembuatan obat anti penuaan.

Seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel mulai berhenti berfungsi. Dan para ilmuwan menamakan sel-sel ini sebagai sel senescent.

Sel ini tidak hanya berhenti membelah diri, namun juga mempengaruhi sel lain di sekitarnya.

Ilmuwan melakukan percobaan pada hewan dengan mengambil sel senescent tersebut. Dampaknya? Ternyata cara ini bisa menunda penuaan pada hewan.

Dilansir Metro.co.uk, ilmuwan di University of Exeter mengklaim menemukan faktor mana yang memainkan peran kunci dalam mengubah sel senescent.

Sel Senescent. (BioFoundations)

Para ilmuwan telah melakukan penelitian pada sel manusia di laboratorium. Mereka berhasil mengurangi sel senescent hingga 50 persen dengan senyawa khusus.

"Senyawa yang dikembangkan di Exeter memiliki potensi untuk mengubah mekanisme penuaan sel" kata Profesor Lorna Harries, dari Universitas Exeter Medical School.

"Hampir setengah dari sel-sel tua yang kami uji menunjukkan tanda-tanda peremajaan menjadi model sel muda" lanjutnya.

Para ilmuwan menguji tiga senyawa berbeda yang dikembangkan di University of Exeter dan menemukan hasil penurunan 40 hingga 50 persen sel senescent dalam pembuluh darah.

Senyawa yang dimaksud adalah AP39, AP123 dan RT01. Para ilmuwan secara selektif memberikan gas Hidrogen Sulfida ke Mitokondria dalam sel.

Hal ini dilakukan untuk membantu sel tua dan rusak agar mendapatkan energi yang dibutuhkan dalam bertahan hidup.

Dengan ini, sel manusia dapat terhindar dari efek penuaan.

BACA SELANJUTNYA

Terpopuler: Spesies Dinosaurus Baru dan Potret Gerobak Angkringan