Minggu, 05 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 18 Agustus 2018 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Perhelatan akbar Asian Games 2018 ini akan resmi dibuka pada Sabtu, 18 Agustus 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang

Rencananya pesta olahraga ini akan diadakan mulai dari 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Tepat setelah satu bulan lalu obor Asian Games berkeliling di seluruh wilayah Indonesia dengan api yang telah disatukan di Prambanan dari India dan api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Dalam penyelenggaraanya, Asian Games merupakan event yang diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA) yang saat ini memasuki ke-18.

Sebelum nanti malam kita saksikan pembukaan Asian Games ini bersama, untuk itu HiTekno mau bahas fakta menarik mengenai ajang perlombaan empat tahunan.

1. Asian Games merupakan turnamen multievent yang diselenggarakan empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara di Asia.

2. Dari 17 kali diadakannya Asian Games ini, terdapat hanya dua negara yang berhasil meraih status sebagai juara umum yakni Jepang yang menang sebanyak 8 kali dan Cina sebanyak sembilan kali.

3. New Delhi, India merupakan tuan rumah Asian Games pertama yang digelar tahun 1951.

Fakta unik Asian Games. (alertinfo.in)

4. Ajang Asian Games ini merupakan gelaran olahraga yang memiliki level di atasa SEA Games.

5. Terdapat 43 negara yang setidaknya pernah meraih satu medali di perhelatan akbar Asia ini. Sementara ada tiga negara Asia yang belum pernah meraih medali yaitu, Bhutan, Maladewa, dan Timor Leste.

6. Sepanjang Asian Games berlangsung, hanya ada sembilan negara yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Dan Thailand menjadi negara yang sering menjadi tuan rumah, yakni sebanyak empat kali lho.

7. Sejak tahun 1976, Israel telah resmi dicoret dari Asian Games karena alasan keamanan. Oleh karena itu, Israel kini bergabung menjadi anggota EOC dan berlaga dalam Europan Games.

8. Dalam perhelatan akbar Asian Games 2018 kali ini terdapat 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dimana di dalamnya terdapat 10 cabang olahraga baru, seperti basket 3x3, pencak silat, rollersport, jet ski, panjat tebing, kabaddi, jiu jitsu, paralayang dan kurash.

Fakta unik Asian Games . (Twitter/Asian Games)

9. Asian Games 2018 kali ini diikuti oleh kurang lebih 15 ribu atlet dari 45 negara termasuk negara tuan rumah Indonesia.

Begitu megahnya perhelatan olahraga Asian Games 2018 kali ini, pastikan kalian tidak ketinggalan untuk menonton pembukaanya nanti malam ya.

BACA SELANJUTNYA

Blibli Hadirkan Penawaran Spesial Kendaraan Listrik di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023