Minggu, 26 Juni 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 21 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ilmuwan menemukan keju tertua di dunia yang pernah dibuat. Menurut klaimnya, keju yang ditemukan di Mesir ini berumur 3.200 tahun.

Penemuan itu dinilai penting karena belum pernah ditemukan bukti adanya produksi kejudalam kebudayaan Mesir kuno, demikian ditulis para ilmuwan dalam studi yang diterbitkan di jurnal Analytical Chemistry pekan lalu.

"Material yang dianalisis kemungkinan adalah residu keju tertua yang pernah ditemukan hingga saat ini," kata Enrico Greco dari Universitas Catania, Italia yang bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas Kairo, Mesir dalam riset teresbut.

"Kami yakin keju itu terbuat dari susu domba dan kambing," imbuh dia seperti dilansir Suara.com.

Ilustrasi Keju. (Pexels)

Studi itu berawal dari penemuan sebuah kendi tua di dalam makam Ptahmes, seorang pejabat tinggi dari masa Mesir kuno yang pernah menjabat sebagai wali kota Memphis. Wadah itu berisi objek berwarna putih susu dan para arkeolog menduga itu sebagai bahan makanan.

Makam Ptahmes sendiri terletak di Saqqara dekat Kairo. Makam itu pertama kali ditemukan pada 1885 dan sempat hilang ditelan debu gurun. Situs itu kembali ditemukan pada 2010.

Meski demikian klaim keju tertua di makam kuno Mesir itu bisa memicu perdebatan. Pasalnya pada Maret 2014 silam para peneliti di Cina juga mengklaim telah menemukan keju tertua di situs makam purbakala Gurun Taklamakan di Xinjiang.

Sisa-sia keju kuno itu ditemukan pada beberapa mumi yang berusia sekitar 3.800 tahun. Keju-keju itu diduga digunakan dalam ritual pemakaman purba, sebagai bekal bagi perjalanan ke alam baka.

Studi tentang keju tertua di Cina itu diterbitkan dalam Journal of Archaelogical Science, edisi Februari 2014.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Keju Tertua di Dunia Diklaim Ditemukan di Mesir.

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Pemakaman Tersembunyi dan Kapal Kuno di Kota Bawah Laut