Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 25 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kita pasti pernah menonton film superhero dan mengagumi kekuatan para pahlawan yang ada di film. Namun ternyata terdapat suku asli yang mempunyai kekuatan super di dunia.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki penglihatan yang mampu memperbesar 4 kali daripada manusia normal. Santai saja, kamu jangan membayangkan bahwa suku tersebut terpapar radiasi meteor atau terkena gigitan laba-laba.

Suku tersebut memiliki kekuatan super dari faktor genetis dan kekuatan alami milik mereka.

Berikut deretan suku yang mempunyai kekuatan super:

1. Suku Kalenjin (Kenya)

Anak-anak suku Moken. (Todayland.in)


Semua orang tahu bahwa Kenya memiliki pelari Maraton terbaik di dunia. Namun yang tak banyak kita ketahui adalah para pelari tersebut berasal dari suku yang sama.

Mereka adalah orang-orang Kalenjin, pelari jarak jauh terbaik di dunia. Dikutip dari NPR, orang Kalenjin mewarisi sel genetis dari nenek moyang mereka.

Suku tersebut terlahir dengan pergelangan kaki, betis dan perawakan yang ramping. Morfologi tersebut sangat cocok untuk pelari jarak jauh tercepat di dunia.

2. Orang Bajau (Indonesia)

Orang Bajau. (James Morgan)

Orang Bajau di Indonesia terkenal dengan sebutan pengembara dari lautan. Mereka mempunyai kemampuan bertahan di dalam air selama beberapa menit tanpa alat selam.

Penyelam yang paling berpengalaman dapat bertahan di bawah air selama 13 menit sebelum kembali ke permukaan untuk bernapas.

Peneliti dari Cambridge University menemukan bahwa orang Bajau mempunyai kemampuan super untuk menyelam karena limpa mereka. Para peneliti menemukan bahwa orang Bajau beradaptasi dengan lingkungan dan menyebabkan limpa mereka meningkat hingga 50 persen.

Mereka menduga ukuran limpa ada hubungannya dengan kemampuan kita untuk tetap di bawah air.

Dalam kasus orang Bajau, mereka memiliki gen unik yang meningkatkan sekresi hormon tiroid, yang menyebabkan limpa lebih besar.

3. Anak-anak Suku Moken (Thailand Barat)

Anak-anak suku Moken. (Todayland.in)


Suku Moken di Thailand Barat juga mempunyai pengembara air yang hebat. Bedanya kemampuan ini hanya dimiliki oleh anak-anak dan bukan orang dewasa.

Anak-anak suku Moken diketahui mempunyai penglihatan 2 kali lipat lebih baik daripada mata normal orang dewasa.

Seorang peneliti dari University of Lund yang bernama Anna Gislen meneliti kekuatan super mereka.

Gislen menemukan bahwa anak-anak suku Moken dapat menyempitkan pupil mereka dan mengubah bentuk lensa ketika di bawah air. Hal itu memudahkan mereka melihat secara jelas ketika berada di dalam laut.

Namun ketika dewasa, kemampuan yang dimiliki akan hilang karena lensa mata pada orang dewasa suku Moken sudah terlalu kaku.

4. Suku Aborigin (Australia)

Orang Aborigin. (Pinatalia)


Jika suku di atas mempunyai penglihatan super di laut, suku Aborigin yang berasal di Australia mempunyai penglihatan super di darat.

Mereka mempunyai penglihatan empat kali lipat lebih tajam daripada rata-rata manusia normal. Mereka bahkan mempunyai kemampuan memperbesar obyek apabila mengamati di tempat gelap.

Berkat kemampuannya, tentara Australia biasanya bekerja dengan orang Aborigin untuk melihat musuh pada jarak yang sangat jauh.

Suku Aborigin dapat membantu untuk melihat imigran gelap dan perahu nelayan ilegal di perairan Australia.

5. Orang Okinawa (Jepang)

Orang Okinawa. (elsewhere)

Suku yang hidup di daerah Okinawa, Jepang memiliki umur terpanjang daripada umur rata-rata suku lainnya. Kebanyakan dari mereka dapat mencapai usia 100 tahun bahkan beberapa ada yang lebih dari itu.

Peneliti menemukan bahwa orang Okinawa berumur panjang karena pola hidup sehat mereka.

Suku ini terkenal sehat karena banyak makan biji-bijian, kedelai, tahu, sayuran, ubi jalar, ikan, cumi-cumi dan gurita.

Meski berbeda dengan suku-suku yang lain, usia tertua merupakan kekuatan super yang jarang dimiliki oleh suku lainnya.

BACA SELANJUTNYA

5 Karakter Bayi Lucu di Anime yang Punya Kekuatan Super