Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 31 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika kita ingin mendekati kambing, kamu harus tersenyum untuk memikatnya agar mendekatimu. Tak sembarangan, sekelompok ilmuwan menemukan teori baru yang menyatakan bahwa kambing menyukai orang yang bahagia.

Sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Alan McElligott dari Universitas Queen Mary, London melakukan penelitian yang akan membuat manusia geleng-geleng kepala.

Mereka menunjukkan gambar wajah manusia yang bahagia dan marah kepada kambing kemudian memantau tanggapan binatang itu.

Mereka ingin memahami bahwa hewan ternak yang belum dijinakkan (dididik sejak dini untuk menjadi sahabat manusia) dapat membedakan ekspresi wajah manusia.

Penelitian tersebut memberikan bukti pertama tentang bagaimana mereka membaca ekspresi emosional manusia.

Hal ini juga membuktikan bahwa hewan yang dapat merasakan ekspresi wajah manusia ternyata tak terbatas seperti yang telah kita ketahui sebelumnya.

Dalam sejarah manusia hanya sedikit hewan yang terkenal menjadi sahabat manusia dan peka terhadap ekspresi seperti kucing, anjing, serta kuda.

Dikutip dari CNet, penelitian ini sudah dimuat dalam jurnal Royal Society Open Science.

McElligott mengatakan,'' Studi ini memiliki implikasi penting untuk mengetahui bagaimana kita berinteraksi dengan hewan ternak dan spesies lain, karena kemampuan hewan untuk merasakan emosi manusia mungkin tersebar luas dan tidak hanya terbatas pada hewan peliharaan.”

Kambing tersenyum. (Sekai)

Penelitian ini menggunakan ukuran sampel yang kecil dengan menggunakan 20 ekor kambing. Kemungkinan kamu bertemu dengan kambing pemarah yang tak peduli meski kamu sedang tersenyum masih ada.

Meski begitu, para peneliti yakin bahwa gambar wajah orang yang bahagia dapat memunculkan interaksi yang lebih besar dari para kambing.

Hal tersebut terutama terjadi ketika wajah-wajah bahagia diposisikan di sebelah kanan. Penelitian menunjukkan bahwa kambing menggunakan otak kiri mereka untuk memproses emosi positif.

Penelitian kambing menyukai orang yang bahagia membuka jalan baru untuk memahami kehidupan emosional hewan ternak.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Struktur Inti Bulan, Hasilnya Mengejutkan