Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 04 September 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah kamu berpikir kalau seorang cewek mengambil foto selfie seksi untuk menarik perhatian cowok? Namun ternyata bukan itu saja alasan berfoto selfie seksi ini. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian terbaru.

Penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan melakukan seksualitas di lingkungan dengan ketidaksetaraan ekonomi yang lebih besar.

Dalam studi tersebut, para peneliti dari Universitas New South Wales menganalisis puluhan ribu foto selfie yang diambil di 113 negara.

Tim juga melihat tag apa pun dengan foto selfie, termasuk 'seksi', 'panas', atau serupa.

Ilustrasi cewek foto selfie. (pixabay)

Dr Khandis Blake, yang memimpin penelitian, berkata, ''Kami kemudian melihat di mana di dunia hal-hal ini terjadi paling banyak. Cara nomor satu yang para psikolog biasanya melihat adalah keasyikan perempuan dengan penampilan mereka bahwa itu terjadi karena tekanan patriarkal. Artinya bahwa perempuan hidup dalam masyarakat yang menghargai penampilan mereka lebih dari kualitas mereka yang lain''.

Dr Khandis Blake mengungkapkan, apa yang ditemukan adalah bahwa perempuan lebih mungkin menginvestasikan waktu dan usaha untuk memosting selfie dengan pose seksi secara online di tempat-tempat di mana ketidaksetaraan ekonomi meningkat.

Bukan di tempat-tempat di mana lelaki memiliki lebih banyak kekuatan sosial dan ketidaksetaraan jender yang tinggi.

Ini diterapkan di berbagai lokasi geografis, bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain, termasuk ukuran populasi, perkembangan manusia, dan akses internet.

Selfie dengan Xiaomi Redmi Note 5 (Instagram/@jkt48shanju).

Para peneliti menunjukkan bahwa ketidaksetaraan pendapatan meningkatkan daya saing dan kecemasan status di antara orang-orang di semua tingkat hirarki sosial.

Ini membuat mereka peka terhadap tempat mereka duduk di tangga sosial dan ingin melakukan yang lebih baik daripada yang lain.

Dr Khandis Blake menjelaskan, ''Ketimpangan pendapatan itu merupakan prediktor besar dari selfie seksi menunjukkan bahwa selfies seksi adalah penanda pendakian sosial di kalangan perempuan yang melacak insentif ekonomi di lingkungan lokal. Benar atau salah, di lingkungan hari ini, terlihat seksi dapat menghasilkan keuntungan besar, secara ekonomi, sosial, dan pribadi.''

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ilmuwan Ungkap Alasan Sebenarnya Perempuan Foto Selfie Seksi.

BACA SELANJUTNYA

Kirim Foto ke Istri, Sosok Berkerudung Pink di Kacamata Suami Bikin Cekcok