Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 06 September 2018 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap negara pastinya punya umur yang setiap tahunnya selalu dirayakan oleh warga negaranya.

Di Indonesia, perayaan ulang tahunnya selalu dirayakan pada tanggal 17 Agustus. Tercatat, Indonesia kini sudah berumur 73 tahun.

Jika Indonesia sudah berumur 73 tahun, beberapa negara di bawah ini memiliki umur tersingkat dalam sejarah.

Hal ini karena negara tersebut mengalami perpecahan setelah merdeka. Tidak jadi bersatu, negara ini kemudian menjadi terpecah-pecah dan memiliki umur tersingkat.

Sejarah mencatat, beberapa negara ini umurnya ada yang kurang dari 24 jam. Berikut beberapa di antaranya.

1. Saskatchewan (62 hari)

Saskatchewan. (Bibliothèque et Archives Canada)

Saskatchewan adalah bagian dari sejarah Kanada. Negara ini memilih untuk terlepas dari Kanada karena kebijakan pemerintah untuk memperluas pembangunan rel kereta api ke bagian barat negara.

Para penduduk asli lalu berusaha mempertahankan tanahnya dengan memberontak. Pemberontakan tersebut disebut Northwest Rebellion yang dipimpin oleh Louis Riel, pria etnis Metis dan keturunan Kanan-Perancis.

Riel lalu mendirikan Saskatchewan pada 1885 dengan penduduk etnis Metis. Baru 62 hari setelah mendirikan Saskatchewan, terjadi serangan di daerah tersebut, Riel ditangkap dan dijatuhi hukuman gantung.

2. The Democratic Republic of Yemen (48 hari)

The Democratic Republic of Yemen. (Al Jazeera)

Pada perang sipil antara kubu utara dan kubu selatan yang terjadi di Yaman pada tahun 1993 , mantan Wakil Presiden Ali Salim al-Beidh terbang ke Aden untuk memperkuat pemerintah Yaman Selatan.

Setelah sempat membangun negara Democratic Republic of Yemen, aksi Ali Salim al-Beidh ini membuat pertempuran tank tahun 1994.

Sempat diminta untuk melakukan gencatan senjata, akhirnya pasukan utara sukses mengambil alih Aden dan menghentikan perlawanan kelompok al-Beidh yang runtuh setelah 48 hari didirikan.

3. Republic Bavarian Soviet (27 hari)

Republic Bavarian Soviet. (moddb)

Bavarian Soviet merupakan bagian negara Jerman yang memiliki sistem pemerintahan monarki atau kerajaan.

Setelah kehilangan presidennya, Partai Sosialis Independen yang ada di negara tersebut lalu mendirikan Bavarian Soviet sebagai pemerintah baru di Bavaria.

Tepat pada tanggal 6 April 1919 negara ini berdiri, namun 27 hari kemudian, Bavarian Soviet diambil alih dan kembali pada kekuasaan Jerman pada tanggal 3 Mei 1919.

4. Republic of Connacht (12 hari)

Republic of Connacht. (warstore flags of the world)

Republic of Connacht ada pada masa pemberontakan Irlandia tahun 1798 yang didirikan oleh Jean Humbert. Setelah berdiri, para prajurit negara ini harus menuju Longford dengan 1850 tentara dan sekutunya.

Sayangnya, saat berada di perjalanan, Humbert dan pasukan bertemu dengan pasukan Inggris yang jumlahnya berkali-kali lipat banyaknya.

Kekalahan yang didapatkan oleh pasukan ini membuat Republic of Connacht harus runtuh setelah baru saja berdiri selama 12 hari.

5. Carpatho-Ukraina (24 jam)

Carpatho-Ukraina. (Internet Encyclopedia of Ukraine)

Carpatho-Ukraine adalah negara yang berdiri setelah terjadi kekacauan pemerintahan karena Perang Dunia II.

Sayangnya, negara ini hanya berdiri selama kurang dari 24 jam sebelum runtuh karena lemahnya pemerintahan Cekoslovakia yang menuntut kekuasaan otonom yang lebih besar dari pemerintah.

Karena lemahnya pemerintahan dan pertahanan ini yang membuat Hungaria langsung menginvasi Carpatho-Ukraine di hari kemerdekaannya.

Itu tadi deretan negara dengan umur tersingkat di dunia, pernah mendengar nama-nama negara tersebut sebelumnya?

BACA SELANJUTNYA

HP Flagship Xiaomi 14 Siap Hadir ke Indonesia, Catat Tanggalnya